Sebelum hadirnya smartphone, iPod, MP3 dan populernya internet, sumber utama untuk bisa mendengarkan musik adalah radio. Media siaran yang satu ini jadi pusat hiburan dan informasi selain televisi. Generasi millennial pastilah selalu ingat masa-masa dimana media siaran yang satu ini berjaya di tahun 90-an hingga awal 2000-an. Bahkan dulu jika bisa mendengarkan dan hafal lagu yang sedang hits sudah bisa berasa anak yang paling gaul di masanya.

Memang media siaran yang satu ini kini sudah mulai terlupakan. Terbukti dengan banyaknya stasiun media siaran yang sudah gulung tikar dan tutup karena tidak bisa mendulang kejayaan seperti pada masa jayanya dulu. Setelah hadirnya televisi, ponsel hingga internet kini media siaran ini mulai menghilang dari peredaran. Meski sudah banyak streaming, namun tetap saja bisa dikalahkan dengan MP3 dan juga semua elektronik musik yang lain.

Untuk mengenang betapa indahnya masa lampau, maka pasti Anda sudah hafal dengan beberapa momen berikut ini yang berhubungan erat dengan radio:

  • Menunggu lagu favorit

Jika saat ini Anda sedang ingin mendengarkan lagu favorit, maka kini Anda tinggal download atau membuka aplikasi atau YouTube dan semua lagu bisa langsung Anda perdengarkan. Namun berbeda dengan zaman dulu dimana untuk mendengarkan lagu favorit Anda perlu menunggu-nunggu lebih dulu. Setiap stasiun media siaran punya acaranya masing-masing dengan jam masing-masing. Untuk bisa mendengarkan lagu favorit, Anda perlu menunggu ada pendengar yang merequest lagu atau sang penyiar berbaik hati memutar lagu favorit Anda secara tak sengaja.

  • Request lagu favorit

Jika ternyata tidak ada pendengar yang merequest lagu Anda dan penyiar juga tidak memutar lagu yang Anda inginkan, maka Anda pun perlu request lagu Anda ini. Untuk request lagu dulu digunakan kertas khusus yang didapat dari stasiun itu. Namun semenjak ada ponsel, maka request lagu pun bisa dilakukan dengan SMS. Menunggu request dibacakan pasti terasa deg-degan.

Baca juga:Perhatikan Tips Berikut Sebelum Membeli Radio Agar Tidak Salah dalam Memilih

  • Mengirimkan salam untuk gebetan hingga teman

Bagi anak di era millennial, pasti seringkali mendengarkan kalimat dari penyiar seperti “Penyair Cinta mengirimkan salam untuk pujaan hatinya sang Dewi Asmara” atau dengan kalimat lainnya. Ya, kirim-kiriman salam pun bisa dilakukan dengan menitipkan pesan ke sang penyiar. Anda bahkan bisa menitipkan salam ke keluarga, teman, tetangga hingga sang mantan.

Itulah beberapa hal yang amat dirindukan dari adanya siaran radio. Anda pun pasti pernah merasakan bagaimana berburu kuis dan juga mencari tahu informasi tentang penyiar dimana tidak diketahui wajahnya dan hanya suara merdunya saja. Mungkin anak-anak zaman sekarang tidak tahu akan istimewanya momen ini, namun anak generasi millennial yang kini telah beranjak dewasa pasti amat merindukan momen tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *