Sekarang ini setiap rumah atau gedung memiliki perangkat atau alat pendingin ruangan. Apalagi Indonesia termasuk negara tropis yang membuat semua orang berinisiatif untuk memasang AC di ruangannya. Bahkan kadang, perangkat AC dipasang di setiap kamar dan ruangan karena suhu panas di Indonesia cukup tinggi. Namun, yang sering terlupakan oleh semua orang adalah merawat AC itu sendiri. Semua orang hanya mengandalkan ahli profesional untuk mencuci AC atau memperbaikinya ketika AC sudah mulai tidak dingin hanya dalam waktu sebulan atau dua bulan. Padahal, ada banyak cara sederhana agar bisa membuat AC dinginnya awet lebih lama dan bisa dilakukan sendiri. Jadi, tidak perlu sering – sering menggunakan jasa ahli dan sedikit menghemat biaya bulanan Anda. Apa saja panduannya?

Baca Juga : Merawat AC Portable Agar Lebih Awet dan Tetap Dingin

  • Ketika membeli AC, pastikan Anda tahu ukuran ruangan Anda. Karena AC dijual dalam beberapa tipe PK. Jadi, semakin besar ruangan Anda, dibutuhkan pula AC dengan PK besar. Karena jika ruangan Anda besar, namun Anda ingin menghemat pengeluaran dengan membeli AC PK kecil, ruangan tidak akan bisa dingin dan AC Anda berusaha bekerja lebih berat untuk mendinginkan ruangan dan tidak akan pernah berhasil.
  • Saat menyalakan AC, usahakan jangan lupa menutup semua jendela, pintu, dan ventilasi juga harus ditutup dengan cara menempelnya dengan kertas atau plastik agar udara dingin tidak keluar dari celah ventilasi dan membuat ruangan Anda tidak akan pernah bisa dingin.
  • Biasakan membuka AC dengan suhu 16  derajat terlebih dahulu hingga ruangan dingin, baru menurunkannya ke suhu 25 atau 24. Jika Anda memiliki AC dengan tipe inverter, maka suhu dingin ruangan akan cepat menyesuaikan arus listrik. Menggunakan AC inverter lebih hemat listrik karena kompresor berputar jadi lambat atau mati ketika ruangan sudah dingin.
  • Jika ingin memasang AC, usahakan mesin yang dipasang di luar tidak menghadap ke jalanan karena debu dan polusi akan lebih cepat melekat dan menumpuk di mesin Anda. Jadi Anda harus lebih sering memanggil jasa service AC untuk mencucinya. Letakkan di belakang rumah jauh dari kendaraan yang lalu lalang. Sebuah keuntungan buat Anda yang tinggal di dalam gang karena kendaraan akan jarang lewat.
  • Untuk membersihkan penutup AC atau saringan di dalamnya, Anda bisa cuci sendiri dengan melepaskannya perlahan. Jika freon sudah habis, barulah Anda memanggil tukang service untuk mengisi ulang. Rajin – rajinlah mencuci atau merawat AC kurang lebih tiap empat hingga enam bulan. Jika terlalu lama dibiarkan menumpuk debunya, akan merusak beberapa komponen kecil yang jika diganti part-nya akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak ketika menggantinya.

Jadi, biasakanlah merawat AC atau perlatan elektronik lainnya dengan rutin agar tetap bisa awet lama dan meminimalisir pengeluaran yang tidak penting. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *