Saat ini televisi sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang canggih. Dulu, televisi masih menggunakan layar jenis CRT hitam putih, sekarang TV hadir dengan hasil gambar berwarna dan layar yang tipis. Dari sekian banyak jenis televisi, hadir teknologi LED TV dan LCD TV.

Jika dilihat sekilas LED dan LCD TV bentuk dan layarnya terlihat mirip namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Ingin tahu apa saja perbedaannya? Simak ulasannya berikut ini:

TV LCD

Televisi LCD mmerupakan televisi layar datar yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Layar jenis ini memiliki dua lapisan kaca yang saling menempel dan terpolarisasi. Cairan kristalnya terletak di salah satu lapisan kaca. Kristal-kristal cair tersebut fungsinya adalah melewatkan atau memblokir cahaya agar dapat menghasilkan gambar pada layar pada saat alur listrik melewatinya.

Namun, Kristal tersebut tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri. Cahaya yang muncul dihasilkan dari serangkaian lampu neon yang terdapat dibelakang layar. Lampu neon tersebut berfungsi sebagai back light yaitu membuat gambar menjadi terlihat.

Gambar yang dihasilkan oleh layar LCD hasilnya berkualitas tinggi. Desainnya yang tipis lebih menghemat ruangan dan bisa dengan leluasa ditempatkan dimana saja, bahkan bisa ditempel pada dinding.

Baca Juga: Berita Terbaru Televisi Canggih

TV LED

Televisi LED sebenarnya tidak jauh berbeda cara kerjanya dengan LCD. Memiliki layar yang tipis dan memanfaatkan teknologi Liqui Cystal Display. Perbedaannya adalah sumber cahayanya. Pada layar LCD menggunakan lampu neon yang berada di belakang layar. Sedangkan pada LED TV menggunakan Light Emitting Dioda.

Ada dua jenis pencahayaan LED, yang pertama adalah pencahayaan Edge dan yang lainnya adalah full-array.

  • Pada pencahayaan edge rangkaian diode diatu di sepanjang tepi luar layar. Pada saat ada arus listrik masuk cahaya kemudian didistribusikan ke layar.
  • Pada full array terdapat beberapa baris dari dioda di belakang permukaan layar. Dengan adanya sumber cahaya ini memberikan kontrol lebih banyak cerah dan redupnya, karena dioada ini dapat dihidupkan dan dimatikan dengan cara independent.

Dari segi ukuran TV LED bisa lebih tipis. Keseimbangan dan saturasi warnanya lebih baik. Keunggulan lainnya adalah konsumsi dayanya 50%-70% lebih rendah dibandingkan dengan layar LCD. Selain itu backlight t LED jauh lebih bertahan lama atau awet daripada LCD

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui LED TV dan LCD TV adalah layar yang menggunakan sistem backlight baru yang lebih modern dan maju. LED dikembangkan karena bisa memberikan keseimbangan lebih dalam saturasi warna dan dayanya lebih sedikit dibandingkan dengan lampu neon yang digunakan oleh layar LCD.  Sedangkan dari segi harga TV LED saat ini dibandrol lebih mahal dibandingkan dengan LCD.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *