Sebelum memutuskan untuk membeli kipas angin, hendaknya Anda dapat memperhatikan kualitas kipas tersebut. Dengan menjaga kualitas kipasnya, selain dapat menghemat listrik kipas tersebut akan awet dalam jangka waktu yang cukup lama. Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa memungkinkan iklim di sini menjadi panas. Sehingga tak jarang hampir di setiap rumah memiliki alat pendingin ruang.

Perhatikan Hal ini Sebelum membeli Kipas Angin

Kipas angin terdiri dari dua jenis yaitu kipas portable yang dapat diletakkan di lantai dan kipas yang bisa digantung di langit-langit. Untuk penggunaan di sebuah hunian biasanya kipas yang dipakai adalah jenis kipas portable karena desainnya yang dapat dipindahkan sehingga mudah untuk dibersihkan. Namun perlu dicatat bagaimana cara memilih kipas yang baik dan berkualitas.

Memilih Jenis Kipas Angin sesuai kebutuhan

Kipas angin memiliki berbagai jenis dan ukuran yang berbeda, hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Seiring perkembangan waktu model kipas angin sudah semakin beragam seperti kipas yang memiliki ukuran besar hingga sangat kecil, kemudian kipas yang digantung atau diletakkan saja di lantai, kemudian kipas yang biasanya memiliki bentuk lucu dengan tokoh kartun yang dapat menjadi dekorasi pada kamar anak.

Memperhatikan Ukuran Daya dan Voltasenya

Karena kipas angin membutuhkan tenaga listrik, sehingga harus juga diperhatikan pemakaian dayanya. Amatilah kipas angin yang ingin Anda beli dengan seksama, pertimbangkan ukuran daya dan voltase pada kipas tersebut, apakah sesuai Anda gunakan di rumah. Hal tersebut akan dapat menghemat penggunaan listrik di rumah agar tidak cepat habis.

Menentukan Jenis dan Fungsi dari Kipas Angin

Apabila ruangan yang Anda miliki tidak terlalu besar, maka pilihlah kipas angin yang tidak terlalu besar seperti kipas dinding. Kipas tersebut akan tidak memakan tempat pada ruangan Anda karena letaknya yang ditempelkan di dinding. Namun kekurangannya adalah kipas jenis tersebut tidak dapat dipindahkan karena menempel dengan permanen. Apabila Anda membutuhkan kipas yang dapat dipindahkan dengan mudah, pilih kipas 3 in 1 yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kipas tersebut dapat digantung di langit-langit, ditempel di dinding, dan juga dapat diletakkan di lantai rumah.

Periksalah Komponen pada Kipas Angin

Sebelum memutuskan untuk membeli kipas angin, periksa terlebih dahulu komponennya mulai dari bagian body hingga spool. Spool yang baik akan memakai bahan kawat yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil pula. Apabila spoolnya terlalu besar maka kipas akan lebih cepat panas sehingga mudah rusak. Kemudian perhatikan pula daun kipas, apakah sesuai dengan ukuran kipas tersebut, jika daun kipas terlalu kecil maka angin yang dihasilkan tidak terlalu kencang. Selain itu, periksa pula motor kipas, jika motornya tersendat-sendat maka dipastikan kipas tersebut telah rusak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *