Seperti halnya barang elektronik, LCD TV juga tidak lepas dari masalah. Solusi agar barang elektronik lebih tahan lama dan awet adalah perawatan rutin dan memperlakukannya dengan benar. Namun kadang hal tersebut luput dan membuat barang elektronik rusak, bisa juga karena usianya yang semakin tua.

Masalah yang umumnya terjadi pada LCD TV adalah layarnya bergaris hitam, putih atau warna warni seperi pelangi. Jangan khawatir, karena masalah tersebut masih bisa diperbaiki dan layar televisi LCD kembali normal. Namun sebelumnya ketahui terlebih dulu seperti apa sistem kerja panel LCD agar bisa menampilkan gambar yang normal. Hal tersebut sangat membantu dalam hal menganalisis kerusakan yang terjadi.

Sistem Kerja Layar LCD

Layar LCD memiliki 2 bagian utama yaitu glass panel dan black light. Glass planel fungsinya untuk menampilkan gambar terdiri dari led dan transistor micro yang jumlahnya banyak. Pada line horizontal dan vertikal terdapat transistor pengontrol sweep, kedua hal ini harus dipenuhi agar layar menampilkan gambar normal.

Penyebab gambar layar bergaris putih atau seperti pelangi disebabkan karenaada transistor/ ic/ jalur pixel transistor driver yang mati. Jika bagian yang mati banyak maka garis-garis yang muncul juga semakin banyak atau bertambah tebal, bahkan ada yang gambarnya terpotong dan kacau.

Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti transistor driver atau ic pengontrol yang mati dengan yang baru. Cari datasheet dari searching spesifikasi glass panel yang sesuai dengan merk glass panel bawaan. Biasanya bagian transistor driver berada di dalam rangkaian di belakang panel LCD.

Cara Memperbaiki Panel Bergaris

Masalah panel bergaris biasanya akibat transistor rusak atau terlihat seperti habis terbakar (gosong). Jika tidak, maka lakukan pengukuran transistor yang rusak dengan cara manual, menggunakanmultimeter analog seperti biasa yaitu ukur resistansi antar kaki transistor yang satu dengan yang lainnya.Jika menemukan salah satu transistor yang berbeda jauh bandingkan dengan yang lain. Ganti transistor yang rusak dengan yang sama atau cari persamaannya. Cara yang paling mudah adalah dengan kanibal dari modulglas panel bekas.

Namun, apabila muncul masalah lain seperti gambar muncul tapi gelap artinya masalahnya terjadi pada backlight. Backlight adalah lampu yang terdiri dari lampu Led atau neon di bagian belakang glass panel LCD. Fungsinya sebagai pencahayaan saat menampilkan gambar. Jadi jika masalah terjadi pada backlight gambar layar gelap tanpa cahaya namun masih terlihat sedikit gambar.

Demikian masalah yang sering terjadi pada layar panel LCD TV dan cara mengatasinya. Jika Anda tidak paham/ tidak mengerti cara memperbaikinya, sebaiknya bawa ke refarasi barang-barang elektronik. Semoga televisi Anda kembali normal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *