Air menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Tak jarang kebutuhan pompa air juga mengiringinya terutama bagi sebuah keluarga. Berbagai kegiatan rumah akan sangat terbantu dengan keberadaan alat ini mulai dari mandi, mencuci, menyiram, dan sebagainya.

Pertimbangan Sebelum Membeli Pompa Air agar Tidak Salah Pilih

Jangan Ragu Memilih

Dalam pemilihan pompa air terkadang Anda akan bingung. Berbagai pertimbangan biasanya akan mempengaruhi seperti kualitas dan harga dari pompa tersebut. Selain harga dan kualitas tentunya masih banyak lagi yang harus Anda cermati.

Apa Sajakah Pertimbangannya?

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih pompa air yang akan dipasang di rumah.

  1. Kedalam air adalah hal yang paling utama, untuk mengetahuinya Anda bisa menggunakan pipa atau yang lebih simple adalah paku yang diikat benang dan diceburkan ke dalam air. Ini sebagai pertimbangan memilih kekuatan pompa serta untuk berjaga-jaga ketika terjadi perubahan musim yang berpengaruh pada ketinggian air. Hal ini juga sebagai dasar peletakan pompa dengan permukaan tanah, Anda bisa meletakkanya lebih tinggi antara 0,5 m sampai 1 m.
  2. Jika sudah tahu kedalaman air maka anda bisa memilih jenis pompa. Pompa sumur dangkal untuk kedalaman 7-9 m dengan tipe semi jet pump, jika kedalaman 9-20 m bisa menggunakan tipe jet pump, dan untuk yang lebih dari 20 m Anda bisa memilih Submersible.
  3. Ketika hendak membeli, Anda bisa meneliti spesifikasinya mulai dari kedalaman air, daya hisap yang optimal agar pengisian tampungan air bisa terisi lebih cepat dan efisien.
  4. Daya listrik dari pompa air yang Anda pilih harus disesuaikan dengan daya listrik yang digunakan di rumah agar tidak menghambat kegiatan lain saat pompa dinyalakan. Umumnya pompa sumur dangkal memiliki daya 125-200 watt, semi jet pump berdaya 100-250 watt. Untuk jet pump menggunakan 125/150 watt dengan kedalaman 12 m, jika kedalaman mencapai 15 m umumnya membutuhkan daya 250/300 watt, 18 m berdaya 375 watt, dan 20 m berdaya 500 watt. Biasanya semakin besar daya listrik artinya semakin tinggi daya serapnya.
  5. Anda bisa mempertimbangkan ketinggian dari tower atau tempat air disalurkan (total head). Karena daya dorong pompa dipengaruhi daya hisapnya. Ini juga berpengaruh pada peletakan  pompa.
  6. Pemutus arus atau circuit breaker/thermal protector biasanya ada di dalam pompa ir untuk memutuskan arus listrik jika pompa mendapati beban yang berlebihan. Jika tidak diputus maka pompa bisa terbakar.
  7. Debit per jam adalah kebutuhan akan air setiap harinya, perhitungkan ini agar Anda tidak menggunakan listrik secara berlebihan.
  8. Yang paling terakhir adalah anggaran yang Anda miliki sangat berpengaruh pada pompa air yang akan Anda beli. Pastikan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan keadaan dari sumur Anda. Anda bisa memilih dari merek dan kualitas yang sesuai budget..
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *