Tahun 2016 merupakan tahun yang sangat signifikan bagi perkembangan teknologi elektronik, mengingat adanya beberapa terobosan yang semakin mencuat ke permukaan setelah dirilis beberapa tahun belakangan. Terobosan-terobosan itu bahkan masih sulit kita bayangkan untuk bisa terjadi. Beberapa di antaranya adalah teknologi VR untuk para gamer, Tilt Brush keluaran Google yang memberikan ruang virtual bagi para seniman gambar, dan yang hendak kitab bahas sekaligus yang paling membuat dunia antusias adalah printer 3D.

Printer 3D merupakan terobosan terbaru di dunia percetakan. Barang elektronik tercanggih ini bisa mencetak bukan hanya dalam bentuk dua dimensi, seperti yang biasa kita lihat dari printer biasa, melainkan mampu mencetak benda padat yang memiliki volume dengan cara mencetaknya lapis demi lapis. Penggunaannya membutuhkan sokongan dari aplikasi design tiga dimensi semacam AutoCad. Dan saat ini sudah banyak orang di dunia yang menggunakannya.

Dalam salah satu tayangannya, Tech News CCN memberitakan bahwa di Qatar, seorang syeikh sudah mencoba memakai barang elektronik ini untuk membuat sebuah bangunan modern, tentu saja printer tiga dimensi yang digunakan punya daya cetak yang lebih besar, sehingga pekerjaan ini mungkin untuk diselesaikan. Dia mengaku bahwa proses pembangunan itu lebih menghemat biaya pekerja juga meminimalisir kecelakan kerja. Dia juga menyatakan bahwa printer tiga dimensi merupakan teknologi masa depan dan terknologi semacam itu harus didukung.

Baca Juga:Elektronik Terbaru Dengan Teknologi Yang Luar Biasa

MakerBot, UP, FlashForge, PrintrBot, adalah tiga pabrikan yang telah membuat printer tiga dimensi sejak teknologi ini diluncurkan. Mereka mematok harga yang relatif tinggi untuk tiap printer tiga dimensi yang mereka jual, yaitu di kisaran Rp 30,000,000. Harga ini terbilang wajar bila melihat komponen pembentuk alat ini dan mengingat bahwa ini merupakan sebuah terobosan yang paling mutakhir dan belum banyak yang memilikinya.

Di Indonesia, printer tiga dimensi memang belum begitu ramai dibicarakan, namun sudah banyak yang mulai tertarik dan mencari tahu info mengenai barang elektronik canggih ini. Di masa depan, teknologi ini bisa jadi akan menjadi salah satu faktor penting yang mengubah wajah dunia, dan efek sampingnya, akan mengisi beberapa pos pekerjaan yang biasanya diambil oleh manusia. Bayangkan saja bila semua benda yang perlu dicetak, mula dari lengan palsu, pakaian dan pernak-perniknya, lemari, meja, dan banyak furniture, dengan melakukan pengembangan dalam elemen yang digunakan untuk mencetak, hal ini sangat mungkin menjadi kenyataan di beberapa tahun kemudian.

Namun, sebaiknya Anda mempertimbangkan matang-matang bila ingin membeli printer tiga dimensi ini. Barang yang canggih pun belum tentu punya manfaat bila Anda tidak begitu membutuhkannya. Anda harus yakin bahwa Anda memang sedang ingin mencetak sesuatu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *