Bermain game console seperti menggunakan playstation 4 menjadi kegemaran atau hobi tersendiri untuk sebagian orang terutama laki-laki. Dengan bermain PS4, Anda bisa memilih akan bermain apa. Manfaat dari bermain PS4 sendiri diantaranya adalah menghilangkan stress, meningkatkan kemampuan otak misalnya dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Karena PS4 tersebut kerap digunakan, tidak heran jika permainan console tersebut mudah rusak. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara berikut ini agar game console yang Anda miliki tersebut bisa tetap awet dan tahan lama.

Punya Playstation 4 di Rumah? Lakukan Cara Ini Agar PS4 Anda Tetap Awet!

Pertama adalah pastikan jika Anda meletakkan PS4 di tempat yang benar. Posisikan di tempat yang datar baik secara vertikal atau secara horizontal. Tempatkan juga di tempat yang cukup longgar sehingga PS4 tidak mudah panas karena pertukaran udara bisa berlangsung dengan baik. Hindari untuk meletakkan PS4 Anda di atas karpet karena hal tersebut bisa berpengaruh pada sirkulasi udara yang tidak lancar sehingga menyebabkan PS4 menjadi mudah panas.

Baca Juga:Harga Playstation 4 Berbagai Versi

Kedua adalah jangan lupa untuk selalu membersihkan debu yang ada di PS4. Sebelum membersihkan playstation 4 yang Anda miliki, pastikan jika Anda tidak menggunakan jenis lap yang permukaannya kasar karena lap tersebut bisa menggores permukaan dari game console Anda. Anda bisa menggunakan cotton bud, tisu atau dengan pembersih kacamata untuk membersihkan PS4 tersebut dan agar tampilannya terlihat menarik dan mengkilap, Anda bisa mempergunakan cairan pembersih. Untuk mengurangi debu yang menempel atau masuk ke PS4, maka tempatkan PS4 tersebut di tempat yang bersih atau tidak memiliki banyak debu dan kotoran.

Ketiga adalah mengatasi panas. Ada beberapa cara untuk mengatasi panas yaitu dengan membatasi waktu bermain Anda dan juga tempatkan di tempat yang memiliki sirkulasi yang baik misalnya yang dekat dengan jendela atau di tempat ber-AC. Hindari menggunakan kipas angin karena alat elektronik tersebut bisa membuat PS4 Anda menjadi semakin berdebu. Sedangkan membatasi waktu bermain, sebaiknya bermain hanya 5 jam nonstop untuk sekali bermain dan kemudian istirahatkan selama 30-60 menit sebelum menggunakannya kembali untuk bermain. Jika dipaksakan bermain dalam jangka waktu yang lama, tidak hanya bisa membuat PS4 menjadi panas namun juga merusak komponen yang ada di dalam game console tersebut.

Cara yang lain untuk merawat playstation 4 agar awet dan tahan lama, yaitu:

  • Simpan kepingan blue-ray dengan baik yaitu dengan menyimpannya di tempat yang seharusnya. Sedangkan jika saat Anda bermain atau hendak meninggalkan game console tersebut dalam kondisi rest mode, sebaiknya keluarkan blue-ray dari alat main tersebut.
  • Sebisa mungkin jauhkan dari anak-anak dan tidak meletakkan makanan atau minuman yang berdekatan dengan PS4.
  • Gunakan UPS jika tempat Anda tinggal sering terjadi pemadaman listrik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *