Air sudah menjadi salah satu sumber hidup bagi manusia, karena tanpa adanya sumber daya alam yang satu ini maka akan sangat sulit bertahan hidup, apalagi dalam diri manusia sendiri pada dasarnya terbentuk dari 70% air. Tak hanya digunakan untuk minum, melainkan air juga dipakai dalam menunjang beragam jenis kebutuhan lain, seperti diantaranya adalah mandi, mencuci pakaian dan kegiatan sehari-hari, pompa air di rumah harus tetap stay dalam menunjang kebutuhan tersebut.

Ragam Jenis Pompa Air Berdasarkan Cara Kerjanya 

Tidak bisa dipungkiri jika seandainya pompa ini sendiri memang memiliki peran yang sangat penting di dalam menunjang pemenuhan kebutuhan akan air, alat yang dipakai untuk mengeluarkan air yang ada di dalam tanah agar nantinya bisa keluar ke permukaan. Faktanya memang tak cukup hanya dengan berbekal air dari PDAM saja, Anda juga tetap membutuhkan air yang berasal dari tanah, karena jumlahnya lebih besar. Ragam atau jenis pompa air yang dijual di pasaran ini sendiri sebenarnya sangat banyak, berikut ini diantaranya yang harus konsumen ketahui: 

  1. Pompa sentrifugal, ini termasuk model pompa yang paling tua dibandingkan yang lainnya, bentuknya sangat sederhana begitu pula dengan cara kerja dari pompa tersebut. Cara kerjanya adalah dengan mengubah energi kinetik menjadi energi potensial. Kebanyakan juga digunakan dalam bidang industri tertentu jika dibandingkan dengan pemakaian pribadi, apalagi jika melihat cara kerjanya yang lebih mudah dengan hasil air yang didapatkan juga tinggi.
  2. Pompa desak, ciri khas dari pompa yang satu ini adalah pada bagian hisap akan memisah dengan bagian tekan dari pompa tersebut, hasil air yang didapatkan nantinya juga sebanding dengan kecepatan pergerakan putarannya, jika bagian putaran bergerak secara cepat maka air yang dihasilkan juga semakin banyak, dibandingkan jika putaran tersebut rendah.
  3. Jet pumps, model pompa yang banyak dipakai untuk kebutuhan rumah tangga, jenis pompa yang satu ini daya hisapnya sangat kuat untuk mengangkat air dari kedalaman yang begitu rendah ke permukaan tanah. Konstruksinya juga sangat sederhana, tidak mudah rusak meskipun dipakai dalam jangka waktu yang lama, itulah mengapa jika melihat dari tawaran harganya juga agak mahal dibandingkan jenis lain.
  4. Air lift pump, bekerja berdasarkan udara, bukan sebuah cairan, sehingga memiliki daya hisap atau sedotan yang lemah dibandingkan pompa lainnya.
  5. Hydraulic pump, pompa hidrolik yang cara kerjanya berdasarkan sebuah cairan, untuk menunjang kinerjanya diperlukan sumber energi kinetik yang berasal dari air yang mengalir dalam pompa tersebut.

Itulah beberapa jenis pompa air berdasarkan cara kerjanya, berbeda jenis tentunya akan berbeda pula cara pemakaian, cerdas dalam pilah-pilih produk sesuai dengan kebutuhan air Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *