Mencuci baju adalah aktivitas keseharian yang sudah tidak bisa dilepaskan dari pekerjaan Ibu rumah tangga. Meski terlihat sebagai pekerjaan yang ringan, namun mencuci baju bukanlah pekerjaan yang semudah itu. Bayangkan saja dengan proses panjangnya mulai dari merendam baju, mengucek atau menyikat, membilas, menambahkan pewangi, bilas lagi hingga proses penjemuran. Proses panjang dari mencuci baju ini tak heran kerap membuat banyak orang kepayahan sehingga butuh bantuan dari mesin cuci.

Para pengguna mesin untuk mencuci ini sudah banyak sekali di masyarakat dan sudah menjadi salah satu mesin yang amat umum dipergunakan. Meski begitu, ternyata para pengguna mesin untuk mencuci ini sendiri banyak yang belum tahu dengan cara merawatnya sehingga tak jarang banyak keluhan mesin cucinya tidak awet dipakai padahal kadang hal ini pada kesalahan pemakainya. Oleh karena itu agar mesin untuk mencuci yang Anda miliki tidak cepat rusak, maka berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaannya:

  • Memasukkan baju terlalu banyak

Biasanya alasan ingin cepat selesai menjadikan banyak pengguna memasukkan baju yang terlalu banyak secara langsung ke mesin untuk mencuci. Perlu diketahui jika hal ini terus dilakukan, maka akibatnya akan buruk. Selain baju pun jadi kurang bersih karena pembersihannya yang kurang maksimal, Anda pun akan lebih boros air dan tentunya mesin untuk mencuci akan cepat sekali rusaknya. Sesuaikan baju yang ingin dicuci itu dengan kapasitas mesin dan tahap demi tahap.

  • Memakai deterjen terlalu banyak

Niatnya ingin agar pakaian jadi cepat bersih dan wangi, namun memakai deterjen yang terlalu banyak pun bisa mengakibatkan hal buruk pada mesin cuci Anda. Pastikan untuk bisa mengikuti petunjuk pemakaian mesinnya mengingat takarannya yang harus tepat. Pakai sendok takaran jika dibutuhkan sehingga jumlahnya bisa sesuai.

Baca Juga: Tips Memilih dan Membersihkan Pakaian dengan Mesin Cuci

  • Filter tidak dibersihkan

Untuk mesin agar bisa tetap awet dan bersih, pastikan untuk selalu membersihkan filter di dalam tabungnya. Filter yang ada di dalam mesin ini harus dibersihkan secara rutin paling tidak 2 hari sekali. Dengan cara ini, kotoran yang terjebak pada mesin akan bisa dibersihkan sehingga tidak merusak mesin dan tidak mengotori pakaian.

  • Baju ditinggalkan terlalu lama di mesin

Kesibukan kadang menjadikan baju yang ingin dicuci terlalu lama ditinggalkan di mesin. Baik basah ataupun kering, baju yang di tinggal di dalam mesin akan bisa membuat apek bau yang muncul.

Itulah beberapa kesalahan umum yang kerap terjadi dalam pemakaian mesin cuci. Oleh karena itu hindari semua kesalahan itu dan selalu rawat dan pakai mesin yang Anda miliki dengan sesuai aturan. Dengan cara ini Anda tidak akan terbebani nantinya dengan mesin yang rusak atau butuh perbaikan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *