Bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa Anda geluti adalah dengan membuka kedai tempat para anak muda untuk berkumpul. Kedai yang bisa Anda pilih salah satunya adalah kedai kopi. Mengingat banyak sekali masyarakat yang mulai menyukai kopi bahkan ada diantara mereka menjadi penggemar kopi sejati. Untuk memulai sebuah usaha seperti kedai kopi ini, Anda perlu menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan. Untuk menghasilkan sajian yang enak pads sebuah kopi dan mempermudah pelayanan kepada pelanggan, Anda perlu menyediakan mesin espresso.

Referensi Mesin Espresso untuk Anda yang Ingin Jadi Barista di Kedai Kopi Sendiri

Memiliki nama mesin espresso karena kemampuannya dalam menyajikan kopi dengan cepat. Sebagai penjual nantinya Anda tidak perlu mengaduk kopi secara manual. Mesin ini mampu melakukan ekstraksi pada biji kopi yang sudah digiling. Selanjutnya ia akan mendapatkan semburan air panas dari bawah yang berasal dari mesin dengan tekanan yang cukup tinggi.

Apabila dilihat secara mendetail, keberadaan mesin yang satu ini akan sangat membantu Anda. Dalam memilih mesin pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan pada kedai. Bahkan dengan mesin espresso Anda tidak perlu lagi repot mencari seorang barista. Berikut adalah 5 tipe mesin yang direkomendasikan untuk Anda.

Mesin Automatic

Mesin yang juga dikenal sebagai pod coffee ini memiliki desain yang modern dan keren. Sudah banyak mesin tipe ini beredar di pasaran bahkan cukup banyak pula pemburunya. Untuk menggunakan mesin ini juga cukup simple dan praktis tanpa harus belajar. Anda bisa menggunakannya untuk sekali minum kopi.

Mesin Super Automatic

Mesin espresso yang satu ini diibaratkan seperti seorang barista. Ia bisa menjalankan beragam hal yang berkaitan dengan kopi di kedai kopi Anda. Sesuai dengan namanya ia bisa menggiling, memadatkan, hingga memanaskan kopi hingga siap diminum. Menggunakannya juga cukup mudah, yakni Anda hanya perlu menekan tombol tertentu saja dan mesin akan bekerja.

Mesin Manual

Mesin yang satu ini lebih memiliki desain yang vintage dan klasik serta elegan. Dinamakan manual karena banyak fitur yang bisa Anda temui di mesin ini mulai dari adanya boiler, portafilter, steam pressure gauge, dan manual lever yang berguna untuk mengatur lamanya proses ekstraksi. Menggunakan mesin ini sama halnya Anda belajar menjadi seorang barista. Mulai dari penggilingan sampai siap disajikan ia dilakukan secara manual.

Mesin Semi-Automatic

Mesin espresso ini dirancang untuk Anda yang ingin menggunakannya di rumah. Penggunaannya bisa sesuai dengan takaran kopi yang ingin Anda minum. Anda harus menggiling dan memadatkan kopi terlebih dahulu sebelum melakukan ekstraksi dengan menggunakan beberapa fitur seperti boiler, portafier, dan level pada mesin.

Mesin Profesional

Mesin espresso terakhir  dalam mesin yang dibuat khusus untuk seorang barista profesional. Ia digunakan dengan lebih teknikal. Mesin profesional atau komersial ini lebih mengutamakan kualitas pada kopi yang dihasilkan. Oleh karena itu banyak kedai kopi yang sudah besar menggunakan mesin jenis ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *