Jika melihat para teknisi elektronika rasanya cukup mudah dan tidak merepotkan. Hanya dengan mengandalkan kemampuan yang ada, hasil yang diperoleh cukup menjanjikan. Namun apakah memang benar sebagai ‘tukang’ servis elektronik itu hanya memperbanyak latihan atau praktek tanpa perlu belajar sebuah teori? Nah, anggapan itu tidak salah sepenuhnya, akan tetapi dalam skill apapun yang dimiliki seseorang haruslah didasarkan pada teori kemudian dilatih dengan praktek-praktek di lapangan. Sehingga skill yang dimiliki benar-benar mumpuni dan terpercaya.

Servis Elektronik Bagi Pemula Agar Hemat Biaya

Meningkatkan Skill sama Dengan Meningkatkan Pendapatan

Jika sudah memiliki skill tersebut, Anda bisa menyervis barang-barang elektronik Anda di rumah saat mengalami kerusakan. Kemudian jika kemampuan Anda semakin baik, Anda bisa menjadikannya sebagai cara untuk dapat mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, sehingga dipastikan hemat biaya dan menghasilkan rupiah yang cukup lumayan. Cukup menarik bukan?

Tips Servis Elektronik Bagi Para Pemula

Bagi para pemula disarankan beberapa tips yang bisa menunjang keberhasilan Anda dalam melakukan pekerjaan sebagai tukang servis elektronik, diantaranya yaitu:

  • Pelajarilah teori dasar kelistrikan dan elektronika

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tanpa ada dasar teori, sebuah praktek tidak akan berhasil dilakukan secara maksimal, begitu pula sebaliknya. Seorang pemula harus mengetahui ilmu dasar dalam sebuah pekerjaan, khususnya jika ingin menekuni dunia elektronika. Bidang ini mengharuskan seorang pemula untuk mempelajari dasar-dasarnya dengan teliti dan tekun karena jika sampai salah dalam prakteknya akan menimbulkan hal-hal yang lebih rumit. Hal-hal dasar yang harus dipelajari diantaranya yaitu :

  • Teori dasar arus, hambatan, tegangan, serta daya listrik
  • Macam-macam komponen elektronika dan simbolnya
  • Cara pengukuran komponen elektronika dengan avometer
  • Cara pembuatan rangkaian elektronika sederhana
  • Rajin mencari informasi mengenai servis elektronik

Agar kemampuan servis elektronik Anda semakin baik dan menguntungkan, Anda harus rajin mencari berbagai informasi dengan bertanya kepada tukang servis yang sudah professional, membaca berbagai artikel di internet, maupun dimana saja Anda bisa menemukan banyak info.

  • Siapkan alat dasar untuk servis elektronik

Sebagai pemula, hal yang paling penting adalah Anda harus menyiapkan alat dasar yang dibutuhkan dalam memperbaiki kerusakan elektronik, diantaranya yaitu: obeng, tang, solder, multitester, dsb.

  • Berani membuat kerusakan dan memperbaiki kesalahan

Untuk mengukur seberapa kompeten kemampuan Anda, langkah utama yang dilakukan adalah merusakkan barang elektronik milik Anda sendiri. Kemudian lakukan perbaikan dengan menemukan kesalahan tersebut. Cara tersebut dianjurkan dilakukan berulang kali agar kemampuan semakin meningkat.

  • Asah kemampuan dengan banyak tantangan

Setelah memahami teori dasar dan melakukan praktek secara langsung, Anda pelu meningkatkan skill servis elektronik Anda dengan mencoba memperbaiki kerusakan elektronik yang berbeda-beda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *