Penggunaan magic jar tentu sangat lumrah ditemui bahkan oleh Anda sendiri karena elektronik ini berperan penting untuk menanak nasi. Dulunya sebelum ada penanak nasi ini masyarakat memasak butiran beras dengan cara manual di atas tungku sehingga memerlukan waktu lama. Namun, setelah teknologi berkembang masyarakat mulai diperkenalkan dengan elektronik penanak nasi sehingga cukup menekan tombol. Selang beberapa menit butiran beras sudah menjadi nasi yang hangat dan pulen sehingga bisa langsung disantap dengan lauk pauk yang sudah disiapkan.

Simak 4 Cara Ini Agar Magic Jar di Rumah Lebih Awet

Cara Merawat Penanak Nasi

Sangat praktis sekali dengan memanfaatkan penanak nasi ini, hanya saja ketika digunakan secara asal kerap mudah rusak dan menjadikan nasi di dalamnya lekas basi. Mencegahnya maka rawat penanak nasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Cuci beras di wadah lain,

Beberapa orang terbiasa mencuci beras di panci penanak nasi ini yang tentu akan mengikis lapisan anti lengket di dalamnya. Jika sudah terkikis maka ketika dipanaskan akan menimbulkan zat karsinogen penyebab kanker. Agar pancinya awet sebaiknya mencuci beras di baskom biasa, setelahnya baru dituang ke panci tersebut sehingga bebas goresan.

  • Cabut kabel saat tidak digunakan,

Menggunakan magic jar dengan bijak juga bisa menjadikannya awet salah satunya dengan tidak memanaskannya sepanjang hari. Jadi bagi yang terbiasa memasang kabel sepanjang siang dan malam karena alasan nasi di dalamnya belum habis baiknya mulai dihilangkan. Sebab elektronik ini akan awet jika ada masa istirahat, selain itu setelah nasi habis pastikan kabelnya segera dicabut agar tidak kering dan terbakar. Setelah suhu penanak nasi turun barulah Anda mencuci pancinya.

  • Masak nasi sesuai kapasitasnya,

Ada kalanya pengguna elektronik ini tidak sabar untuk menanak nasi lebih banyak dari biasanya sehingga dimasak sekaligus. Padahal memaksa penanak nasi mengolah beras yang melebihi kapasitasnya bisa menyebabkan kerusakan. Apalagi jika lumayan sering dilakukan, maka dianjurkan untuk memperhatikan kapasitasnya sewaktu dibeli. Sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selama dipakai sesuai kapasitasnya maka dipastikan akan lebih tahan lama. Ukuran yang besar tidak menjamin kapasitasnya bisa lebih dari 3 kg beras, jadi musti dibaca betul buku panduannya.

  • Membersihkan badan penanak nasi,

Selama ini Anda mungkin hanya fokus pada kebersihan panci penanak nasi, bagaimana dengan badannya? Badan penanak nasi juga wajib dibersihkan secara teratur untuk menjadikannya tetap kinclong seperti baru pertama kali dibeli. Membersihkannya bisa dengan memakai spons basah atau kain lembab dan di gosok pelan-pelan. Pastikan sebelum dibersihkan sudah dicabut dari stop kontak dan sudah dingin, lalu buang pula air di dalam penampung uap air. Air di penampung ini kalau tidak dibuang bisa menyebabkan nasi di dalam magic jar berbau tak sedap.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *