Bagi siapa saja yang menekuni bisnis kuliner tentunya sangat cocok jika menyediakan freezer di rumah yang bisa membekukan semua jenis makanan. Baik bahan mentah, setengah matang, maupun yang sudah matang supaya lebih awet ketika disimpan dengan benar di dalamnya. Memiliki elektronik satu ini membuat sisa bahan maupun sisa dagangan bisa diawetkan karena bisa beku di dalamnya, kemudian bisa dijual atau diolah kembali. Pemilihan elektronik ini harusnya yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak ada yang mubadzir.

Simak 4 Tips Ini Agar Freezer Tetap Awet Sampai Bertahun-tahun

Menjadikannya Awet Sampai Bertahun-Tahun

Sayangnya pemakaian yang rutin sepertinya seringkali tidak dibarengi dengan perawatan yang tepat sehingga elektronik ini mudah rusak. Simak beberapa tips berikut agar bisa awet hingga bertahun-tahun:

  • Membersihkan bunga es secara berkala,

Elektronik satu ini bisa menghasilkan suhu minus beberapa derajat sehingga bisa membekukan minuman dan makanan di dalamnya. Proses penurunan suhu ini tak pelak menghasilkan bunga es dan perlahan akan menumpuk. Usahakan secara berkala membersihkan bunga es ini, dengan cara mengeluarkan semua isinya lalu naiknya suhunya agar bunga es mencair dan kuras sampai benar-benar bersih.

  • Menghindari makanan dan minuman panas,

Salah satu kesalahan bagi pebisnis kuliner dalam memakai freezer adalah memasukan makanan dan minuman yang masih panas. Padahal dengan memasukan bahan makanan bersuhu tinggi bisa memicu produksi bunga es yang lebih banyak dan lebih cepat. Sekaligus perlahan merusak kemampuan elektronik satu ini untuk menurunkan suhu di dalamnya. Jadi, pastikan untuk selalu memasukan bahan makanan dan minuman yang suhunya sudah suhu ruang sehingga meminimalkan resiko kerusakan.

  • Ketahui kapasitas elektronik ini,

Kesalahan lainnya yang membuat elektronik yang mampu membekukan bahan makanan ini lekas rusak adalah mengisinya terlalu penuh. Dalam beberapa kondisi pemilik elektronik ini memasukan terlalu banyak muatan sehingga memicu kerusakan. Kerusakan ini terjadi karena elektronik ini tidak memiliki ruang cukup untuk meratakan suhu dingin dan sirkulasi udara. Perlahan kemampuannya dalam membekukan makanan akan berkurang sampai benar-benar hilang. Jadi, daripada rusak dan meski diperbaiki cepat rusak kembali baiknya perhatikan kapasitasnya dan tidak berlebihan dalam memasukan bahan makanan ke dalamnya.

  • Beri jarak dari tembok atau dinding,

Pada elektronik satu ini terdapat sebuah bagian dan komponen yang diberi nama gril, fungsinya adalah mengatur keluarnya suhu panas yang dihasilkan elektronik ini. Agar tidak mudah rusak baiknya memperhatikan posisi grill ini yang biasanya terdapat di bagian belakang supaya tidak menempel pada dinding. Dinding bisa menghalangi proses pelepasan suhu panas yang dihasilkan elektronik ini sehingga membuatnya mudah rusak. Beri jarak yang pas dengan dinding atau tembok di rumah supaya freezer yang dimiliki tetap awet meski sudah bertahun-tahun.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *