Memasak tentunya menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh ibu rumah tangga, kini untuk menghasilkan hidangan yang enak tak perlu repot-repot lagi, mengingat ada banyak sekali inovasi dari produk elektronik rumah tangga khususnya adalah dapur yang dapat digunakan. Salah satu diantaranya adalah slow cooker. Mungkin banyak diantara Anda yang masih awam dengan alat yang satu ini. yaitu sebuah alat yang dapat digunakan untuk memasak beberapa jenis hidangan sekaligus.

 Simak 5 Pertimbangan Penting Ini dalam Memilih Slow Cooker

Contohnya adalah ketika Anda ingin memasak daging ayam ataupun sapi, terkadang harus merebusnya dalam jangka waktu yang lama, karena jika tidak maka tekstur daging akan tetap alot. Namun dengan alat yang satu ini, kini ibu rumah tangga bisa lebih efisien memasak daging, karena meskipun dimasak dalam waktu yang pendek, hasilnya tetap akan empuk dan nikmat. Selain itu memasak menggunakan alat yang satu ini tidak harus diaduk, karena secara langsung nantinya air mendidih merata pada daging, juga air tak akan sampai habis ketika sudah mendidih. 

Sebelum membelinya, maka pertimbangkan dulu beberapa hal ini agar tak sampai salah dalam memilih, diantaranya adalah:

  1. Kapasitas dari slow cooker, tiap produk memiliki kapasitas yang berbeda-beda, bagi yang terbiasa memasak dalam jumlah banyak, atau sering kali mengadakan acara-acara besar hingga memiliki usaha kuliner, maka lebih dianjurkan untuk membeli yang kapasitasnya besar sekalian, sehingga nantinya tak perlu bolak-balik memasak banyak bahan makanan, melainkan cukup sekali saja.
  2. Perhatikan bentuknya, beberapa orang yang terbiasa memasak ayam secara utuh, maka memerlukan wadah yang bentuknya oval, bukan bentuk lingkaran, karena untuk model lingkaran tidak bisa digunakan untuk memasak ayam secara utuh ke dalamnya. Sedangkan untuk masalah sup biasa, maka bentuk lingkaran lebih dianjurkan digunakan.
  3. Keberadaan smart timer, beberapa produknya sudah dilengkapi dengan smart timer, sehingga hal ini dapat mencegah nantinya makanan akan gosong atau over cook ketika dimasak. Namun untuk mendapatkan produk yang dilengkapi dengan fiture ini, maka biaya yang harus dikeluarkan juga sedikit lebih mahal.
  4. Merk, berbicara mengenai kualitas produk, maka tak bisa jauh-jauh dari brand yang mengeluarkan atau merknya. Ada beberapa merk yang memang menawarkan harga murah, namun produknya agak abal-abal sehingga terkadang mudah sekali rusak. Sebaiknya pilih merk yang sudah terbukti kualitasnya dan bergaransi meskipun lebih mahal. Pertimbangkan juga daya yang dibutuhkan dalam penggunaannya, semakin rendah semakin bagus.
  5. Lihat material dari panci tersebut, agaknya harus mempertimbangkan material yang mudah dibersihkan, kemudian juga yang aman digunakan, artinya tidak memungkinkan adanya zat-zat berbahaya yang ikut masuk kedalam makanan.

Harga slow cooker ini di pasaran juga sangat bervariasi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *