Kulkas adalah salah satu kebutuhan pokok di dalam rumah. Seringkali difungsikan untuk menyimpan makanan dan minuman agar tidak basi. Ataupun untuk membekukan daging dan ikan agar tidak busuk. Namun, tahukah Anda jika kulkas memiliki 3 jenis? Jenis-jenis ini yakni showcase, freezer, dan fridge atau kulkas biasa. Apakah ketiga jenis ini memiliki perbedaan? Tentu. Di bawah ini akan dibahas perbedaan-perbedaan tersebut.

Spesifikasi Jenis-Jenis Kulkas yang Wajib Diketahui

Perbedaan yang paling utama yakni pada segi fitur yang ditawarkan. Berikut adalah deskripsi lengkapnya:

  • Showcase

Memiliki bentuk seperti kulkas pada biasanya, dengan pintu transparan. Fungsi showcase biasanya untuk menjual minuman atau makanan yang langsung terlihat melalui pintu transparannya. Tingkat kedinginan dan konsumsi listriknya berada di bawah fridge dan freezer.

  • Freezer

Bentuknya ada dua variasi, yakni deep dan chest. Fungsinya adalah untuk membekukan makanan dan minuman. Juga bisa digunakan di toko es untuk menyimpan es krim. Tingkat dingin dan konsumsi listriknya adalah paling besar.

  • Fridge

Bentuknya adalah kulkas biasa. Memiliki dua varian, yakni satu atau dua pintu. Berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman agar tidak basi. Tingkat dingin dan konsumsi listriknya berada di atas showcase.

Konsumsi Daya Listrik

Dari deskripsi singkat sebelumnya, Anda sudah tahu mana yang konsumsi listriknya besar dan mana yang relatif kecil. Namun, konsumsi listrik ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh faktor lain yakni intensitas buka tutup kulkas tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir, produk keluaran terbaru kini sudah banyak yang menawarkan penggunaan listrik yang efisien sehingga intensitas buka tutup tidak akan terlalu berpengaruh.

Kapasitas dan Pengaturan Letak Barang

Dari ketiga jenis kulkas di atas, yang paling banyak menyimpan makanan adalah showcase, pasalnya bentuknya yang sudah didesain ber-rak-rak membuatnya mampu menyimpan kaleng-kaleng minuman dalam jumlah yang banyak. Kapasitasnya tampak lebih luas dibanding dengan jenis kulkas lainnya. Sedangkan jenis fridge yang normal biasanya tidak bisa terlalu banyak menyimpan makanan. Warnanya yang umumnya tampak putih membuat kesan sempit dan penuh. Sedangkan untuk jenis kulkas pembeku, biasanya didesain melebar sehingga mampu menyimpan makanan dalam jumlah banyak, sayangnya, untuk desain ini tampak kurang rapi jika makanan yang disimpan berbeda-beda bentuk.

Harga Kulkas

Sebagai gambaran bagi Anda, harga ketiga jenis kulkas ini berbeda-beda. Untuk jenis kulkas biasa atau fridge, biasanya di banderol Rp 1.2 hingga 2 juta untuk satu pintu. Sedangkan kulkas 2 pintu biasanya berkisar antara 2 hingga 10 juta, tergantung spesifikasi dan merek. Sementara freezer, jika Anda ingin membeli yang tidak menyatu dengan fridge, Anda harus membayar sekitar Rp 2 hingga 5 juta per unit tergantung ukuran, spesifikasi, dan merek. Untuk showcase, harganya berkisar antara Rp 2.3 hingga Rp 11 juta rupiah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *