Komputer merupakan peralatan elektronik yang saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu kerja dalam aktivitas perkantoran di Indonesia. Dengan berbagai fitur canggih dan jaringan internet didalamnya, komputer tidak hanya dapat berfungsi sebagai alat bantu kerja saja, namun penggunaan yang lebih luas seperti alat komunikasi pun tidak dapat dihindarkan dari fungsi sebuah komputer itu sendiri. Dan yang saat ini lebih mencengangkan adalah adanya komputer khusus yang diciptakan dan dirakit untuk sebuah permainan baik yang dilakukan secara online atau pun offline. Komputer sebagai sarana penunjang sebuah permainan atau game inilah yang oleh banyak kalangan masyarakat Indonesia dikenal dengan nama komputer gaming.

Komputer dengan fitur canggih yang dirakit khusus untuk melakukan sebuah permainan ini, memungkinkan Anda untuk dapat melakukan permainan dengan lawan Anda yang berjarak jauh di luar benua sekalipun, jika komputer tersebut disambungkan dengan jaringan internet. Perkembangan yang terus terjadi dalam dunia komputer pun, secara langsung ikut berpengaruh pada kinerja komputer khusus untuk game yang Anda miliki. Oleh karena itu bagi Anda yang memang menjadi penggila game, akan lebih disarankan bagi Anda untuk dapat merangkai ataupun merakit sendiri komputer game Anda, agar nantinya dapat dengan mudah melakukan pergantian komponen terkait dengan kinerja komputer tersebut.

Berikut ini spesifikasi minimal yang mungkin dapat Anda gunakan dalam merakit ataupun merangkai sendiri komputer gaming yang Anda kehendaki, antara lain adalah

  • Pilihlah casing dengan model terbaru, sehingga Anda dapat dengan mudah menempatkan komponen-komponen dalam komputer sesuai dengan space yang ada pada casing tersebut.
  • Pilih processor dengan spesifikasi yang tinggi minimal core I5.
  • Pilih RAM atau memori eksternal dengan spek minimal 4GB.
  • Pilih VGA dengan merek terbaik dan berkualitas dikelasnya, untuk menunjang tampilan pada layar monitor menjadi lebih indah.

Pemilihan monitor sebagai visualisasi game juga perlu mendapatkan perhatian tersendiri bagi Anda yang ingin merakit sendiri komputer yang akan Anda gunakan sebagai alat dalam melakukan permainan game elektronik tersebut. Layar monitor dengan model terbaru dan tanpa fitur touchscreen lebih disarankan untuk Anda gunakan, namun dengan memperhatikan ukuran layar yang sesuai dengan ruangan atau space Anda untuk komputer yang sedang Anda rakit. Layar dengan ukuran 24 hingga 30 inch, masih menjadi favorit banyak kalangan untuk menampilkan visualisasi gambar game yang mereka mainkan.

Komputer gaming yang Anda rakit ini akan dapat memberikan efek suara yang menggelegar, jika Anda memilih sound card yang sesuai serta output suara yang dapat memberikan efek menggelegar pada permainan game yang Anda lakukan. Pemilihan komponen yang tepat pada komputer ini, akan menjadikan penentu utama dalam kenyamanan saat bermain game elektronik yang Anda sukai.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *