Komputer merupakan salah satu alat bantu kerja, yang kini peruntukkannya mulai meluas dalam berbagai bidang pekerjaan. Tidak hanya digunakan sebagai alat bantu kerja, komputer kini juga banyak digunakan sebagai salah satu media permainan bagi para penyuka game komputer, baik yang dilakukan dalam sistem offline maupun online. Komputer khusus untuk para penghobi game ini, memiliki spesifikasi yang memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan komputer sebagai alat bantu kerja. Spesifikasi tinggi pada komputer gaming inilah, yang kemudian membuat banderol harga dari komputer tersebut menjadi tinggi. Namun hal tersebut agaknya tak menjadi penghalang bagi para penghobi game, karena solusi merakit sendiri komputer khusus untuk game tentunya telah mereka kenal.

Dalam melakukan perakitan komputer khusus untuk gaming ini, kita tidak bisa asal merakit, tanpa memperhatikan spesifikasi minimal dari komputer dan peruntukkannya. Pada umumnya para penghobi game, akan membesutkan teknologi tinggi dari berbagai bagian yang terdapat dalam komputer mereka, yang pada umumnya akan sulit ditemui pada komputer khusus game yang telah ditawarkan secara umum dipasaran. Selain sebagai solusi untuk menghasilkan kualitas yang tinggi, merakit sendiri komputer untuk gaming juga dapat menekan budget pembelian.

Berikut ini spesifikasi yang dapat Anda jadikan referensi dalam merakit sendiri komputer gaming, yang akan Anda gunakan sebagai media menyalurkan hobi yang Anda miliki, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Tips Memilih Komponen Komputer Gaming Rakitan

  • Pilihlah jenis processor dengan spesifikasi minimal core I5.
  • Gunakan motherboard dengan minimal spesifikasi bersocket LGA 1155.
  • Pemilihan kartu grafis atau yang biasa disebut dengan VGA, dengan hasil keluaran 3D akan lebih disarankan, karena keseruan dan keasyikan dalam sebuah permainan game, akan ditentukan oleh performa tampilan layar.
  • RAM dengan kapasitas 8GB akan lebih disarankan, mengingat nantinya game akan membutuhkan media dengan kapasitas yang besar untuk menjalankannya.
  • Harddisk SATA dengan kapasitas minimal 500GB akan lebih disarankan, agar Anda dapat menyimpan berbagai permainan game dengan mudah dan cepat.

Yang tidak boleh luput dari perhatian para gamer yang ingin merakit sendiri komputer khusus untuk permainan game adalah PSU atau power supply unit, karena bagian inilah yang menentukan hidup dan mati sebuah komputer. Pemilihan power supply dengan kualitas terbaik akan lebih disarankan, untuk mengurangi resiko terjadinya kenaikan dan penurunan tegangan listrik, yang sering terjadi tanpa kita sadari.

Merakit sendiri komputer gaming, memang akan membawa kepuasan dan kualitas tersendiri bagi para penggemar game. Namun ketelitian yang dalam tetap dibutuhkan, agar nantinya Anda tidak justru terjebak pada kesalahan dalam pemilihan berbagai part atau bagian dari komputer tersebut. Pertimbangan tidak hanya dari segi harga yang murah saja, namun kualitas dari part-part yang adapun harus lebih diutamakan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *