Virtual reality merupakan salah satu produk teknologi yang banyak dikembangkan belakangan ini, umumnya banyak digunakan untuk kebutuhan hiburan, seperti diantaranya adalah gaming, sehingga menghasilkan tampilan yang lebih nyata, seperti berada di dalam dunia game. Seperti namanya adat yang satu ini memang hasil perkembangan teknologi yang difungsikan untuk menampakkan hal-hal yang sifatnya virtual menjadi tampak nyata. Di Indonesia sendiri sudah banyak beberapa bisnis gaming yang mengandalkan alat ini.

Namun belum banyak dijual bebas, sehingga untuk membeli produk aslinya terkadang harus memesan dari luar negeri. VR ini harganya juga tergolong masih sangat mahal, jutaan rupiah. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa dalam beberapa tahun kedepan, banyak perusahaan teknologi yang membuat seri murahnya, sehingga siapa saja bisa menggunakannya untuk kebutuhan hiburan jadi tampak begitu nyata.

Sebenarnya VR atau yang dikenal sebagai virtual reality ini sendiri dibuat bukan hanya untuk menunjang kebutuhan hiburan saja, lebih dari itu sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan kepada konsumen, diantaranya adalah:

  1. Digunakan pada bidang medis atau kedokteran, dalam perkembangannya banyak diantara beberapa kegiatan media atau dunia kedokteran yang juga memanfaatkan alat ini, seperti diantaranya adalah untuk melihat anatomi tubuh manusia secara langsung, tanpa harus melakukan tahapan CT scan. Sehingga lebih mudah dalam mengidentifikasi jenis penyakit apa saja yang menyerang tubuh.
  2. Banyak difungsikan dalam bidang militer, sekarang ini negara-negara maju sudah mengembangkan alat baru untuk simulasi perang, VR akan digunakan untuk latihan tentara ketika akan perang nantinya, sehingga tampak seperti nyata. Dengan pendidikan semacam ini tentunya akan jauh lebih aman, namun hasilnya juga maksimal.
  3. Dipakai di bidang transportasi, biasanya calon-calon pilot ataupun juga nahkoda akan mendapatkan pendidikan secara langsung bagaimana cara mengendarai sebuah pesawat maupun kapal, tanpa ada resiko dengan langsung menerbangkannya. Tentunya terasa lebih nyata dan tetap aman, bisa dilakukan hanya dalam sebuah tempat saja.
  4. Digunakan juga dalam bidang teknik maupun mesin, faktanya VR ini juga banyak dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan otomotif, salah satunya ketika akan mendesain sebuah kendaraan. Teknologi ini memungkinkan para desainer kendaraan untuk lebih mudah mengotak-atik kendaraan yang akan mereka buat.
  5. Digunakan pada bidang ekonomi, khususnya ketika ingin melakukan promosi pada sebuah barang, dengan teknologi VR memungkinkan untuk menggaet konsumen jauh lebih besar. Karena target disajikan dengan tampilan yang lebih nyata.

Jadi tak heran jika harganya juga tergolong mahal, karena memang banyak manfaat yang ditawarkan. Virtual reality untuk kebutuhan hiburan atau gaming ini sendiri termasuk jenis yang paling sederhana penggunaannya, sehingga dijual secara bebas ke pasaran, namun di Indonesia sendiri masih sulit dapatkan yang asli.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *