Tata Cara Penambatan USB Hotspot— sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengaktifkan fitur USB Hotspot ini, ada baiknya kita simak terlebih dahulu apa itu USB Hotspot atau tethering USB. Ya, USB Hotspot atau tethering ini sebenarnya merupakan  jembatan untuk menghubungkan akses internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Pembagian data koneksi internet dilakukan oleh ponsel sebagai sumber tethering kepada perangkat lain seperti Personal  computer atau Laptop.

Jika di dunia komputer kita akan mengenal istilah modem, maka arti dari USB Hotpsot tidaklah jauh dari situ. Ya, USB Hotspot itu sebenanrnya bertujuan untuk membagikan koneksi antara ponsel dengan Personal Computer atau PC. Penambatan ini berfungsi untuk membagikan akses internet dari ponsel ke PC via kable data atau USB. Dengan penambatan yang dilakukan oleh USB ini, maka tidak lagi memerlukan modem eksternal lain selain ponsel itu sendiri. Ponsel anda telah menajdi penyuplai akses internet ke PC anda. Garis besarnya, dengan tethering USB ini, ponsel anda telah jadi modem bagi PC atau Laptop anda. Tanpa mengganggu fungsi handphone tersebut. Jadi anda tetap bisa melakukan kegiatan berponsel ria. Hanya saja gerakan anda terbatas, karena adanya kabel yang nyangkut ke PC atau laptop.

Keuntungan menggunakan penambatan USB ini, dapat mengurangi resiko habisnya daya baterai ponsel. Karena apa? Hal ini dikarenakan, ketika USB ditambatkan ke laptop atau PC, ia akan secara otomatis melakukan charging. Jadi aliran daya, akan terus berjalan.

Baca Juga: Pembahasan Seputar USB WIfi

Lalu bagaimana tata cara menambatkan  USB ini? Mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Sebelum melangkah lebih jauh, yang pertama kali dilakukan adalah dengan mencolokkan kabel data anda ke port USB yang ada di laptop atau PC anda.
  • Buka pengaturan android anda. Dan Masuk ke dalam mode sambungan.
  • Buka pengaturan lanjutan di menu sambungan / nirkabel.
  • Masuk kedalam menu ‘MENAMBATKAN & HOTSPOT PORTABLE’
  • Setelah masuk, aktifkan menu penambatan USB dengan mengklik kotak di sampingnya sampai muncul tanda centang warna biru
  • Setelah aktif, maka akan muncul tulisan ‘tertambat’
  • Selesai. Ponsel anda kini telah menjadi modem buat pc atau laptop anda.

Untungnya kita tinggal di Indonesia. Dimana pengaturan tethering hotspot seperti ini sah-sah saja dilakukan. Beberapa kasus di luar negeri sana, melarang penggunaan tethering seperti ini. Menurut mereka pembagian koneksi internet ke perangkat lainnya, akan merugikan pihak operator seluler. Bila hal ini ketahuan oleh mereka, mereka akan langsung memutuskan jaringan  internet tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada si pengguna. Wah repotkan juga yah, kalau hal seperti ini terjadi di Indonesia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *