Home Gadget Teknologi Mouse dari Masa ke Masa

Teknologi Mouse dari Masa ke Masa

by Erin Nuzulia

Berdamping dan dengan monitor dan keyboard, mouse adalah salah satu perangkat wajib yang harus disematkan dalam PC atau laptop agar kinerja device bisa maksimal. Mouse memiliki beberapa fungsi utama yang hampir tidak dapat digantikan oleh perangkat lain, seperti:

  1. Menggerakkan dan memilih objek, dengan cara menggerakkan cursor dengan mouse ke lokasi yang kita pilih, dan melakukan single atau double klik pada mouse untuk memilih aktivitas.
  2. Drag and Drop, dengan cara menekan dan menahan tombol klik pada objek yang ingin kita tarik dan pindahkan.
  3. Scrolling, meski dapar dilakukan dengan keyboard, scrolling dalam file besar akan lebih mudah dilakukan dengan tombol scroll yang ada pada mouse.
  4. Shortcut, dengan menambahkan fitur jalan pintas pada beberapa tombol tambahan yang terdapat pada mouse, khususnya pada mouse gaming.

Sesuai perkembangan teknologi yang mengikuti arus deras zaman, mouse pun juga ikut berembang, khususnya pada bagian sensor dan fungsi tambahannya, mulai dari mouse generasi mekanikal hingga mouse terbaru yang memanfaatkan laser sebagai sensor gerak dengan tambahan peredam suara untuk menghilangkan bunyi “klik”. Berikut perkembangan teknologi mouse dari masa ke masa:

  1. Mouse mekanik

Mouse mekanik atau mouse ball tracking merupakan mouse pertama yang diproduksi dan dipasarkan secara luas ke seluruh dunia. Mouse ini menggunakan bola besi berlapis karet, yang bila digerakkan akan menggerakkan tuas mekanik dalam mouse, sehingga kursor digital pada monitor akan bergerak sesuai dengan gerakan tangan kita. Sempat menjadi raja di era awal hingga awal 2000-an, kini mouse mekanik merupakan barang purba yang sangat sulit ditemukan.

  1. Mouse optik

Keberadaan mouse mekanik berhasil digantikan secara bertahap oleh mouse yang lebih ringan, mungil, dan memiliki desain transparan,  yang menggunakan sensor optik sebagai penggerak utamanya. Mouse optik berhasil menjadi primadona baru karena sensitivitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi awalnya. Hal tersebut berkat penggunaan light-emitting diode (LED) yang dipadukan dengan sensor optik dan digital signal processing yang dapat menghasilkan akurasi serta sensitivitas tinggi. Dibandingkan mekanical mouse yang memerlukan mouse pad, mouse optik dapat digerakkan dengan lebih presisi meski tanpa harus menggunakan mousepad, asal permukaan meja halus dan rata.

  1. Mouse laser

Mouse dengan sensor laser adalah teknologi terbaru yang hadir sebagai solusi di dunia gaming, dengan menawarkan sensitivitas semakin menggila. Bila mouse optik memiliki batas maksimal 8000 DPI, mouse laser bisa mencapai DPI (dots per inc) hingga angka 16000. Tidak hanya itu, teknologi laser memungkinkan mouse jenis ini beroperasi di permukaan meja yang beragam seperti kayu kertas, kain, hingga kaca. Bahkan, mouse laser juga masih bisa beroperasi di atas permukaan bidang yang tidak rata sekalipun. Karena harga yang cukup mahal, mouse laser masih belum bisa menggantikan mouse otik secara menyeluruh, dan lebih banyak ditemukan pada hardcore dan Professional gamer saja.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Merk Televisi LED Terbaik, Apa Saja?

Selain pada bagian sensor, teknologi mouse juga berkembang pada bagian connector yang menghubungkan perangkat mouse ke PC atau laptop.

  1. Mouse Serial

Angkatan pertama mouse menggunakan kabel serial untuk menghubungkan mouse ke PC, yang biasanya kelas pentium 1.

  1. Mouse PS/2

Versi upgrade dari generasi serial, Mouse PS/2 sangat mudah ditemukan pad PC berotak pentium 3 hingga 4, dengan konektor warna ungu yang khusus. Meskipun tergolong barang kuno, sampai sekarang mouse jenis ini masih bisa ditemui.

  1. Mouse USB

Mengganti kepala PS/2 dengan USB, menghasilkan konektivitas dan tingkat reaktivitas mouse yang lebih baik. Mouse kabel dengan konektor USB masih sangat banyak ditemukan di pasaran.

  1. Mouse Wireless

Yang terbaru dan yang paling banya ditemukan di pasaran. Menjawab kebutuhan portable, mouse jenis ini meluas di kalangan masyarakat dengan berbagai konektor melalui reciever radio, bluethoot, hingga jaringan LAN.

Itulah perkembangan teknologi mouse dari masa ke masa yang tidak dapat kita lupakan begitu saja. Kira-kira, bagaimanakah wujud dan fitur mouse di masa depan ya?

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More