Membeli perangkat speaker akan dilakukan bagi siapa saja yang menyukai audio, sebab mampu membantu menghasilkan suara yang lebih baik. Perangkat satu ini merupakan perangkat output yang bisa menghasilkan suara atas video maupun lagu atau MP3 yang dimainkan di player. Kualitas perangkat ini nantinya akan mempengaruhi kualitas suara yang bisa dinikmati maka tidak berlebihan jika menaruh perhatian lebih pada perangkat ini. Usahakan memilih yang terbaik dan disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak boros sewaktu membelinya.

Ternyata Begini Cara Merawat Speaker yang Tepat Agar Lebih Awet

Perawatan Perangkat Audio Ini

Kemudian yang tidak kalah penting adalah merawat perangkat tersebut dengan baik agar kualitas suara yang dihasilkan sebagus saat pertama kali dibeli. Agar awet dan suaranya selalu bagus maka berikan perawatan berikut ini:

  • Atur volumenya dengan baik,

Perangkat satu ini memiliki beberapa komponen yang saling melilit di dalamnya dan saling bekerjasama menghasilkan audio atau suara yang baik. Namun kualitas suara ini bisa menurun manakala Anda sengaja mengatur volumenya di tingkat tertinggi. Suara yang terlalu keras justru akan membuat kinerja perangkat ini tidak maksimal dan pada akhirnya suara yang dihasilkan malah pecah dan sumbang.

  • Pahami tata cara mematikannya,

Kebanyakan pengguna perangkat speaker mematikan dan menyalakannya dengan asal yang ternyata mempengaruhi umurnya. Memperpanjang masa pakai perangkat ini baiknya membaca buku panduan dan belajar dari berbagai media untuk bisa merawatnya dengan baik. Cara mematikan perangkat ini yang benar adalah didahului dengan menurunkan volumenya dulu, bisa sampai batas terendah. Baru kemudian menekan tombol power untuk mematikannya sehingga mesin atau komponen di dalamnya tidak mengalami kerusakan yang berarti.

  • Letakkan di tempat yang tepat,

Meletakan perangkat ini baiknya tidak di sembarang tempat supaya tidak mudah rusak sebab bagaimanapun juga termasuk perangkat elektronik. Menjaga komponen di dalamnya awet dan bekerja maksimal baiknya letakkan di tempat dengan suhu ruang yang tepat. Hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung karena jika kepanasan perangkat ini mudah sekali eror dan rusak parah. Kemudian hindari pula tempat yang terlalu lembab, jika diletakan di dekat dinding berikan jarak untuk mengurangi resiko lembab dari dinding tersebut. Memilih tempat yang sesuai bisa membuatnya awet.

  • Menjaga kebersihannya,

Debu juga menjadi salah satu penyebab perangkat ini bisa rusak karena bisa masuk ke bagian dalam dan menutup komponen di dalamnya. Lambat laun debu ini menghambat kinerja dari komponen di dalam mesin maka pastikan selalu memperhatikan kebersihannya. Selalu lap debu tipis yang menempel di bagian body perangkat ini kemudian setiap beberapa minggu sekali bisa dibongkar untuk membersihkan debu di bagian dalam. Jika kesulitan bisa membersihkan speaker ini di tukang service elektronik terdekat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *