Salah satu keluhan terbesar yang dimiliki kamera Go Pro ini adalah masa pakai baterai yang pendek, dan mudah habis. Bahkan dalam model terbarunya, kamera ini hanya dapat digunakan satu atau dua jam penggunaan konstan dan setelahnya Anda cemas karena baterai sudah mulai habos.

Tips Agar Baterai Kamera Go Pro Lebih Awet

Untuk pemula, sangat di sarankan membawa beberapa baterai cadangan ketika sedang hunting foto saat menggunakan GoPro. Selain itu, Anda bisa mengikuti beberapa tips trik merawat dan mengelola masa pakai baterai kemera.

Matikan fasilitas apa pun yang tidak Anda butuhkan

Fitur seperti WiFi atau kecerahan layar tinggi dapat menurunkan peforma baterai Anda, bahkan saat Anda tidak menggunakan perangkat tersebut. Menonaktifkan WiFi dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 15 menit. Matikan semua fitur yang tidak diperlukan dan hidupkan kamera Go Pro saat Anda menggunakannya.

Perbarui firmware

Kemungkinan Anda memiliki firmware terbaru yang secara otomatis berjalan di GoPro Anda, tetapi ada kemungkinan jika firmware tersebut belum benar-benar diperbarui. Memperbarui firmware tidak hanya akan memperbaiki masalah di dalam kamera, namun juga dapat meningkatkan masa pakai baterai.

Baca Juga : 4 Aksesoris Kamera Digital yang Wajib Anda Miliki

Anda dapat memperbarui GoPro Anda dengan menghubungkan kamera ke ponsel Anda melalui Wi-Fi dan menggunakan aplikasi GoPro untuk memperbaruinya.

Kurangi resolusi rekaman atau frekuensi gambar

Semakin sedikit piksel dan bingkai yang harus direkam GoPro, semakin sedikit energi yang akan digunakan. Rekam pada resolusi atau frame rate yang lebih rendah.

Untuk sebagian besar rekaman aksi GoPro, resolusi 1080p pada 60 fps atau frame per second adalah resolusi standar. Mengubahnya ke tingkat yang lebih rendah seperti 720p atau 480p atau tetap pada 1080p tetapi frame rate menjadi 30 fps dapat membantu menghemat masa pakai baterai.

Tangkap Gambar yang Benar-benar Penting

Memang, berfoto bersama teman akan menjadi hal yang menyenangkan. Namun jangan sampai, waktu berfoto ini ternyata malah menghabiskan masa pakai baterai lebih cepat. Lebih baik, Anda memotret gambar yang benar-benar penting atau moment-moment tertentu.

Matikan layar LCD

Walaupun kita bisa melihat lewat ponsel, GoPro tetap hadir dengan layar LCD di dalamnya, hal ini membuatnya lebih nyaman, karena Anda bukan hanya bisa melihat hasil gambar, namun juga memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan lebih cepat. Sayangnya, layar tersebut menghabiskan daya. Matikanlah layar LCD pada Go Pro untuk menghemat baterai.

Bawa Satu Dua Baterai Ekstra

Ketika pergi membawa Go Pro, jangan lupa bawa juga satu atau dua baterai ekstra dalam tas kamera Anda. Anda tidak perlu khawatir baterai habis, Anda bisa segera menggantinya.

Memang menyebalkan ketika siap berfoto tetapi kamera go pro kehabisan baterai. Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi, tanggulangilah dengan cara-cara di atas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *