Merawat Televisi adalah hal penting yang harus dilakukan agar televisi tidak tetap terlihat menarik dan menampilkan gambar-gambar yang jernih dan jelas. Namun untuk beberapa kalangan terkadang kesulitan atau tidak tahu bagaimana cara perawatan televisi LCD yang benar.

Peran Televisi dan Perkembangannya

Televisi adalah salah satu alat elektronik yang wajib ada di rumah. Aktivitas menonton televisi menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan saat berkumpul dengan keluarga, kawan atau untuk mendapatkan beragam informasi hiburan, pendidikan dsb. Kehadiran TV menggunakan layar datar (LCD) menjadi solusi tepat menikmati tontonan lebih menyenangkan.

Kehadiran televis layar LCD menggantikan televisi model sebelumnya yaitu menggunakan cathode ray tube alias televisi tabung. Televisi model LCD lebih praktis ditempatkan dan bentuknya lebih cantik karena televisi jenis ini menggunakan jenis layar datar dan tipis.

Selain itu kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik dan jelas. Namun layarnya cukup peka atau sensitif mudah terkena goresan atau guratan yang bisa membuat penampilannya menjadi kurang menarik. Agar terhindar dari hal tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu penempatannya dan cara perawatannya.

Baca Juga: Merawat Kulkas Agar Tahan Lama dan Tetap Dingin

Penempatan dan Perlakuan Televisi LCD

  • Letakkan televisi di ruangan yang memiliki suhu normal dan tidak terkena sinar matahari langsung. Lebih baik simpan di tempat yang tidak membuat televisi mudah panas.
  • Jauhkan televisi dari barang elektronik yang memiliki medan magnet karena bisa mempengaruhi kualitas / tampilan gambar pada layar televisi.
  • Perhatikan jarak televisi dengan dinding. Atur jarak sekitar 10- 20 cm, hal ini sangat penting agar ada sisa ruang udara untuk televisi dan menghindari televisi tidak cepat panas.
  • Gunakan screen proctektor untuk melindungi layar dari debu, kotoran dan cairan.
  • Jangan terus-terusan menyalakan televisi selama lebih dari 24 jam nonstop karena bisa mengurangi ketahanan televisi itu sendiri.
  • Saat memindahkan televisi lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores layar, karena jika layar sudah tergores bisa mengganggu saat menonton televisi dan membuat tampilan televisi jadi tidak menarik lagi.

Cara Membersihkan Televisi LCD yang Benar

Jangan malas membersihkan layar walaupun televisi sudah dilengkapi screen protector. Gunakan cairan khusus pembersih LCD yang bisa Anda dapatkan ditoko-toko barang elektronik.

Cara membersihkannya jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar, sebaiknya gunakan lap yang halus tidak mengandung serat karena bisa menyebabkan serat-serat menempel pada layar. Pastikan lap dalam kondisi lembab, (jangan terlalu basah ataupun kering).

Demikian tips menempatkan, memperlakukan dan merawat televisi yang benar. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat memberikan informasi dan membantu menjaga televisi tidak mudah rusak dan bisa bertahan lama. Selamat mencoba!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *