Dengan berkembangnya zaman, teknologi yang ada pun sudah berkembang dengan pesat. Banyak peralatan elektronik yang saat ini sudah ada dalam kehidupan sehari-hari. Dari televisi hingga mesin cuci semuanya memiliki peranan tersendiri di dalam kegiatan sehari-hari. Namun, dengan banyaknya peralatan yang ada dalam satu rumah, hal tersebut tidak bisa menghindarkan Anda dari kerusakan yang terjadi. Akhirnya service elektronik pun harus dilakukan.

Tips Belajar Service Elektronik Secara Mandiri dengan Mudah

Apalagi jika alat elektronik yang Anda punyai sudah berumur lama dan memerlukan perawatan khusus dalam penggunaannya. Ada dua cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama adalah dengan menggantinya dan membeli peralatan baru. Atau cara yang kedua dengan memperbaikinya agar bisa digunakan seperti semula. Dengan banyaknya perhitungan yang dilakukan, pilihan kedua menjadi alternatif yang dipilih. Dengan membenahi kerusakan yang ada peralatan elektronik yang ada bisa digunakan seperti sedia kala tanpa memerlukan banyak biaya. Namun, jika Anda memiliki inisiatif dan banyak waktu luang, Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan tangan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam service Elektronik secara mandiri, antara lain:

  • Mengenal barang elektronik dan cara kerjanya

Dengan lebih mengetahui seluk –beluk barang elektronik di sekitar Anda, Anda akan mudah dalam mencari kerusakan yang ada dan memperbaikinya dengan mudah. Hal tersebut akan lebih mudah jika alat elektronik yang harus Anda perbaiki merupakan benda yang pernah Anda gunakan di rumah. Namun, jika barang tersebut tidak pernah Anda gunakan, tentunya Anda harus mempelajarinya terlebih dulu. Jangan lelah untuk mencoba belajar.

  • Mengenal komponen listrik

Service Elektronik memerlukan pemahaman mengenai komponen listrik yang ada di dalamnya. Belajarlah dari buku atau media lain seperti internet untuk menambah pengetahuan Anda.

  • Try and error

Jika Anda mempunyai alat elektronik di rumah dan kemungkinan benda tersebut tidak dipakai, cobalah untuk lebih memanfaatkannya. Pelajari seperti apa kerusakannya dan segera perbaiki.. Dengan banyak berlatih Anda akan lebih mahir dalam memperbaiki seiring berjalannya waktu.

  • Memulai dari yang kecil

Mulailah dari alat yang simple dan tidak terlalu yang memberatkan Anda. Cobalah beberapa alat sederhana yang rusak, dan berusahalah untuk memperbaikinya. Jika Anda sudah mahir dalam memperbaiki alat sederhana, cobalah untuk memperbaiki alat yang sedikit lebih rumit. Dengan terus mencoba dalam berbagai tahap Anda akan menjadi paham dengan kerusakan-kerusakan kecil yang mungkin terjadi. Dengan langkah kecil memperbaiki hal sederhana, Anda bisa membuat langkah besar di kemudian hari dengan memperbaiki alat yang rumit.

Dalam mencoba belajar service elektronik bukan menjadi hal mudah, sudah pasti diperlukan ketekunan, apalagi jika Anda belum memiliki pengalaman sebelumnya. Namun, dengan ahli memperbaiki elektronik sendiri di rumah, Anda bisa membayangkan pundi-pundi rupiah yang seharusnya Anda gunakan untuk service, namun bisa digunakan untuk hal lain.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *