Perkembangan teknologi membuat pekerjaan manusia semakin mudah dan terbantu. Termasuk dalam mengolah makanan. Tidak lagi bergantung pada gas sebagai material utama untuk menghidupkan kompor. Sebagai teknologi yang ramah lingkungan, kini telah hadir kompor induksi sebagai alternatif kompor berbahan gas. Selain gas sulit ditemukan dan merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, gas juga memiliki sejumlah risiko yang sangat berbahaya. Kini sudah saatnya beralih ke kompor yang ditenagai listrik yang aman.

Tips Cara Memilih Kompor Induksi yang Baik

Apa keunggulan kompor induksi?

Jika dibandingkan dengan alat masak kompor lainnya, tentu kompor induksi memiliki segudang keunggulan. Keunggulan tersebut diantaranya adalah bisa ditempatkan dimana saja. Jika biasanya kita meletakkan kompor di sudut dapur atau di tempat-tempat tertentu, kini kita tidak harus takut untuk memindahkannya ke tempat-tempat yang mudah dijangkau. Bahkan kompor ini juga aman untuk diletakkan di meja makan Anda. Selain itu, kompor ini juga tidak berisik saat digunakan. Penggunaannya tidak terbatas, jadi Anda tidak perlu takut kehabisan daya saat tengah memasak.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah bisa digunakan untuk memasak dengan peralatan yang terbuat dengan alumunium dan tembaga. Seperti, teko air, panic yang bisa digunakan untuk memanggang.

Tips dan cara memilih kompor induksi

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli kompor induksi adalah sebagai berikut.

  1. Spesifikasi dan detail pemanas kompor. Detail ini dapat berupa tipe kawat. Kawat ini adalah komponen yang pertama kali dibuat saat produksi kompor bertenaga listrik. Ada beberapa macamnya, yakni tipe kawat terbuka, dan kawat spiral tertutup. Kawat ini adalah komponen pertama yang dibuat pada kompor induksi. Selain itu, pilihlah model plat yang mudah dibersihkan, Anda bisa melihat plast ini dari tampilan luarnya. Pilih bahannya yang mudah dibersihkan, sehingga tampilan kompor Anda akan selalu menarik dan bersih.
  2. Panjang kabel. Faktor yang satu ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan sumber listrik serta lokasi memasak Anda nantinya. Untuk panjang yang direkomendasikan umumnya adalah sekitar 1 meter hingga 1.8 meter. Tentu sangat tidak nyaman jika membeli kompor bertenaga listrik yang memiliki kabel terlalu pendek, hal ini mungkin juga bisa memicu konsleting yang tidak diinginkan.
  3. Konsumsi daya listrik. Umumnya, setiap orang menginginkan konsumsi listrik yang rendah, sehingga dapat menghemat untuk pembayaran listrik bulanan Anda. Kompor induksi sendiri umumnya memerlukan 300 watt untuk memanaskan bagian luar, dan 300 watt untuk memanaskan bagian dalam. Dengan demikian, total yang dibutuhkan biasanya adalah 600 watt. Untuk panas yang lebih maksimal, Anda bisa memilih kompor dengan daya 1000 watt. Tentu hal ini disesuaikan dengan kebutuhan memasak Anda.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *