Blender adalah alat dapur yang memiliki peran sangat penting. Alat ini dapat melakukan berbagai tugas dari whipping cream, membuat smoothies, pengolahan makanan, dan menghancurkan es. Memilih alat ini biasanya tergantung pada tugas apa yang ingin Anda lakukan dengan alat ini. Ada beberapa alat ini yang dapat Anda jumpai dipasaran yang menawarkan banyak fitur dengan harga tinggi. Dari sekian banyaknya pilihan yang ada di pasaran, maka hal inilah yang mengharuskan diri Anda untuk memilihnya sesuai dengan yang Anda butuhkan. 

Tips Memilih Blender yang Tepat Berdasarkan Kebutuhan

Dari sekian banyaknya pilihan yang ada di pasaran, maka hal inilah yang menjadikan diri Anda haruslah lebih cerdas dalam melakukan pemilihannya. Karena setiap jenis dan model akan memiliki fungsi dan kegunaan yang tidaklah sama, sehingga penting sekali bagi Anda untuk mempertimbangkan pada beberapa hal penting seperti yang ada di bawah ini.

Berikut ini beberapa tips tentang apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli blender, yaitu:

  • Kapasitas.

Kapasitas alat ini dapat bervariasi dari satu hingga tiga liter. Mungkin disarankan untuk mendapatkan yang lebih besar jika Anda memiliki ruang. Namun, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan di sini adalah seberapa banyak makanan yang akan Anda campurkan pada saat yang sama. Beberapa alat kecil ini menawarkan kemudahan penyimpanan karena kapasitasnya yang kecil.

  • Bahan.

Anda juga harus memperhatikan pada bahan material yang digunakan, khususnya, pijakan harus kokoh. Pastikan bahwa pondasinya cukup stabil agar blendernya tidak jatuh ke atas meja saat diisi dengan isi dan melakukan tugasnya. Stainless steel adalah bahan terbaik untuk ini. Wadah mungkin berupa gelas atau plastik. Yang dibuat dalam gelas lebih berat, dan lebih kuat tetapi lebih mahal daripada yang dengan wadah plastik.

  • Fungsi.

Pastikan bahwa Anda memilih alat yang dilengkapi dengan fungsi-fungsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Daya listrik atau watt.

Untuk daya listrik sangat bervariasi dari 500 watt untuk prosesor makanan yang lebih kecil hingga 1200 watt untuk alat yang lebih besar. 

Memilih alat ini dengan berbagai pengaturan (kecepatan dan aksi nadi) memungkinkan Anda mencampur berbagai bahan pada tekstur yang berbeda. Tidak hanya itu saja alat yang dapat berguna untuk menghaluskan segala jenis bahan makanan ini pun juga harus mudah dibersihkan dan disimpan dengan aman. Karena banyak orang meninggalkan alat ini di atas meja, akan lebih baik jika alat ini memiliki ruang penyimpanan kabel dengan tutup untuk mencegah kabel menjadi basah 

Itulah beberapa tips sederhana yang dapat membantu diri Anda agar bisa menemukan blender terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Karena mengingat bahwa peran dari alat ini sangatlah penting dalam membantu pekerjaan dapur Anda, sehingga alat ini akan lebih sering Anda gunakan nantinya. Oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk tidak sembarangan dalam memilihnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *