LCD atau Liquid crystal Display, merupakan salah satu jenis monitor televisi yang memiliki sistem kerja berpangkal pada cristal cair yang berada diantara panel layar televisi. Kristal cair ini akan bekerja dengan optimal, setelah terdapat aliran listrik aktif yang menyentuh cairan tersebut. Televisi jenis ini tidak hanya mampu menghasilkan kualitas gambar yang tinggi, namun juga mampu digunakan sebagai layar tampilan dalam kerja sebuah PC. Melihat fungsi yang bermacam dari LCD TV inilah, yang kemudian menyebabkan minat pasar semakin tinggi akan jenis televisi layar datar ini.

Munculnya banyak model serta pilihan televisi LCD berlayar datar, terkadang membuat masyarakat menjadi bingung dalam memilih jenis televisi ini. Harga murah yang dibandrol oleh produsennya pun semakin membuat kebingungan masyarakat dalam memilih televisi berlayar datar. Alih-alih mendapatkan barang dengan harga yang murah, banyak masyarakat justru terjebak dalam ketidak awetan televisi yang mereka beli. Oleh karena itulah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, ketrampilan dan pengetahuan mengenai cara memilih LCD yang baik pun harus perlu diperhatikan, agar nantinya kita tidak terjebak pada pembelian murah yang justru akan membuat kita merugi.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan dan pembelian LCD TV yang banyak beredar dengan harga murah dipasaran:

  • Carilah informasi secara lengkap mengenai televisi berlayar datar yang memiliki kualitas yang unggul, harga serta fitur yang dibesut didalamnya.
  • Setelah mengetahui harga, dan beberapa alternatif pilihan, maka yang harus Anda tetapkan adalah ukuran dari televisi yang Anda butuhkan, pastikan Anda mengetahui ukuran ruangan serta fungsi yang akan Anda gunakan, sehingga dapat memilih ukuran LCD yang tepat.
  • Perhatikan spesifikasi tambahan yang dibesut dalam televisi tersebut, mulai dari spesifikasi layar, port input dan output, hingga port input USB yang harus support berbagai ekstensi file, sehingga memungkinkan Anda untuk dapat menggunakan televisi tersebut untuk memutar berbagai file dengan berbagai ekstensi dengan menggunakan televisi tersebut.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam pembelian LCD televisi ini adalah garansi resmi dari pembelian produk LC yang Anda pilih. Pastikan bahwa Anda memilih jenis LCD yang memiliki garansi resmi dari pabrikan serta toko tempat Anda membeli. Pilihlah produk yang memiliki service center di wilayah domisili Anda, agar nantinya Anda mudah untuk melakukan perbaikan jika terjadi suatu keluhan dalam penggunaan LCD tersebut.

Untuk mendapatkan garansi resmi dan toko, ada baiknya Anda membeli LCD TV pada toko-toko elektronik resmi yang ada di kota Anda. Sebelum membawa pulang televisi tersebut, ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu televisi, dan perhatikan semua fungsi panel yang ada didalamnya. Pastikan bahwa semua tombol panel berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga televisi nantinya dapat digunakan dengan optimal.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *