Teknologi yang berkembang memang begitu bermanfaat untuk semua orang. Salah satu dari perkembangan teknologi yang memiliki manfaat baik untuk banyak orang adalah mesin cuciMesin yang digunakan untuk mencuci ini bisa memudahkan kita dan mempercepat pekerjaan mencuci kita. Bila dulunya kita harus memeras pakaian atau menguceknya, sekarang tugas tersebut bisa diberikan pada mesin. Ada banyak merek yang ada di pasaran, sebagai pembeli pemula, pasti kita kebingungan untuk memilih mana yang terbaik. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak salah dalam melakukan pembelian.

Pertama, sesuaikan dengan budget. Sebelum yakin membeli, Anda bisa menghitung berapa budget yang sekarang ini Anda miliki. Jangan sampai Anda membeli mesin dengan harga yang lebih besar dibandingkan dengan budget yang telah Anda siapkan karena justru akan menambah pengeluaran bulanan Anda. bila Anda ingin membeli mesin, namun dana yang dimiliki masih kurang, Anda bisa membeli dengan cara mencicil. Sekarang banyak toko elektronik yang memperbolehkan pelanggannya untuk mencicil pembelian barang. Tetapi, jika merasa keberatan, lebih baik memilih mesin yang sesuai dengan dana Anda sekarang.

Kedua, perhatikan daya yang diperlukan mesin. Mesin cuci merupakan barang elektronik yang bekerja dengan mengandalkan daya listrik. Jika semakin besar daya yang dipergunakan oleh mesin, sudah pasti akan menjadi semakin tinggi juga besaran tagihan listrik yang harus Anda bayar. Anda bisa memilih mesin yang hemat penggunaannya. Sekarang ini banyak brand yang mengeluarkan mesin dengan jenis eco, produk ini diyakini lebih hemat penggunaan listrik dan lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:Cara Merawat Mesin Cuci Top Loading Agar Tidak Mudah Rusak

Ketiga, sesuaikan dengan jenis yang paling tepat. Kapasitas dari mesin juga harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi daya dan harga yang digunakan. Jika semakin besar kapasitas, harga yang dipatok juga menjadi semakin mahal, penggunaan daya juga semakin besar. Agar produk yang Anda pilih tidak sia-sia, lebih baik pilih mesin yang memiliki kapasitas sesuai dengan jumlah pakaian yang biasanya Anda cuci. Semisal untuk mesin berkapasitas 6 kilo, bisa digunakan mencuci pakaian 1 hingga 3 orang.

Setelah Anda berhasil melakukan pemilihan mesin cuci, berikut tips cara mencuci baju dengan menggunakan mesin bukaan depan, antara lain:

  • Masukkan pakaian di dalam mesin, jangan lupa tambahkan deterjen cair yang telah diformulasikan untuk mesin khusus bukaan depan,
  • Tutup pintu mesin bukaan depan kemudian nyalakan, Anda bisa melakukan set siklus pencucian yang sesuai dengan kebutuhan. Mesin jenis ini bisa menentukan volume air secara otomatis,
  • Biarkan mesin menjalani siklusnya mulai dari siklus pencucian, pembilasan sampai pengeringan dengan otomatis. Hindari membuka dan menutup mesin sebelum mesin selesai mencuci. Biasanya, untuk mesin ini, pakaian akan kering mencapai 80%, sehingga Anda hanya perlu mengangin-anginkannya saja.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *