Air conditioner atau AC merupakan alat elektronik yang digunakan untuk mendinginkan ruangan dalam waktu yang singkat. AC sering ditemui pada ruang tertutup seperti restoran dan juga kantor. Penggunaan AC ini sudah menjadi suatu permintaan yang banyak bahkan sudah digunakan di rumah untuk ruang tamu dan kamar. Daikin merupakan salah satu merek alat elektronik yang cukup sering digunakan karena dipercaya dapat membuat ruangan menjadi dingin dalam waktu yang singkat. Beberapa AC sudah dijual dengan berbagai kebutuhan dan juga pilihan warna dan ukuran yang disesuaikan dengan luas ruangan dimana AC akan dipasang.

 Tips Memilih dan Merawat Air Conditioner dengan Benar dan Tepat

Berikut adalah beberapa tips memilih AC diantaranya: 

  • Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan, ruangan 10m2 kompatibel dengan AC ½ PK, 14m2 kompatibel dengan AC ¾ PK, 18m2 kompatibel dengan AC 1 PK, 24m2 kompatibel dengan AC 1½ PK dan 36m2 kompatibel dengan AC 2 PK.
  • Pilih jenis AC sesuai kebutuhan, AC Split digunakan untuk rumah tangga, untuk gedung dan perkantoran memilih AC Split atau AC Cassette dan untuk hotel dan pusat perbelanjaan menggunakan AC Central dan untuk AC yang dapat dipindah AC Standing.
  • Pertimbangkan AC yang hemat listrik, untuk menghemat biaya pengeluaran dan kombinasikan dengan fitur Auto untuk membuat AC dapat mati sendiri saat suhu ruangan sudah dingin.

Selain beberapa diatas, pertimbangkan juga fitur-fitur yang terdapat pada AC. Fitur tersebut berupa fitur Plasmacluster yang dapat memurnikan udara, membersihkan allergen dan menghancurkan jamur di udara. Pemilihan fitur ini tergantung pada kebutuhan. Belilah AC pada merek yang sudah terpercaya dan banyak digunakan, hindari untuk memilih AC dengan harga yang murah. Tentukan tipe air conditioner seperti AC Standard dan Inverter dan perhatikan tawaran garansi pada AC. 

Berikut adalah tips merawat AC diantaranya: 

  • Pastikan ukuran PK dan ruangan sesuai supaya AC tidak menghasilkan udara yang terlalu dingin.
  • Jika ingin menyalakan AC maka pastikan ruangan tertutup supaya AC tidak bekerja keras untuk mendinginkan ruangan dan ruangan dapat cepat sejuk.
  • Saat bepergian sebaiknya mematikan AC untuk menghemat energi dan juga menghemat pengeluaran terhadap daya listrik yang digunakan.
  • Gunakan fitur timer ketika menyalakan AC sesuai kebutuhan sehingga setelah itu dapat mendinginkan mesin AC dan gunakan fitur supaya AC tetap bekerja dengan baik.

Selain beberapa diatas, sebaiknya jangan mengatur suhu AC menjadi dibawah 22 derajat Celcius terlalu sering. Hal ini akan membuat mesin AC menjadi panas dan 22 derajat merupakan suhu ruangan bagi iklim tropis. Lakukan juga pembersihan secara rutin pada bagian dalam setidaknya lakukan 1 bulan sekali supaya udara tidak keruh. Cek juga freon pada air conditioner yang dilakukan oleh teknisi AC supaya blower pada ruangan tetap memiliki sirkulasi udara segar.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *