Bermain game dengan media permainan komputer, merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun hal ini pun dapat membuat kejengkelan tersendiri dalam diri kita, apabila komputer yang digunakan mempunyai waktu loading yang lama, karena spesifikasi komponen komputer yang tidak sesuai dengan peruntukkan nya. Oleh karena itu bagi Anda yang senang melakukan permainan game dengan menggunakan komputer, ada baiknya Anda memilih komponen komputer gaming yang sesuai dan tepat untuk dijadikan bagian dari rangkaian komputer rakitan khusus untuk bermain game ini.

Maraknya penjualan komponen komputer rakitan khusus game yang beredar secara bebas dipasaran, terkadang juga dapat membuat kita galau dalam memilihnya. Harga jual yang juga bervarian, terkadang juga menambah kegalauan tersendiri bagi para pecinta game digital. Oleh karena itu beberapa pengetahuan dan hal penting perlu diperhatikan oleh para pecinta game, agar nantinya tidak terjebak dalam pembelian komponen yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer rakitan khusus untuk game tersebut.

Dalam membeli komponen rakitan komputer gaming, berikut ini hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan, yang antara lain adalah:

  • Perhatikan merek komponen yang akan Anda beli, jika Anda ingin merakit komputer khusus untuk game berat, ada baiknya Anda memilih komponen dengan merek yang dapat dipercaya dan terkenal memiliki tingkat keawetan ketika digunakan.
  • Pilihlah prosesor atau otak komputer dengan spesifikasi minimal core i5, agar nantinya game yang Anda mainkan dapat berjalan dengan cepat dan lancar.
  • Untuk pemilihan RAM, Anda dapat memilih RAM 2GB ddr3 untuk merakit komputer khusus untuk permainan game sedang, RAM dengan kapasitas 4GB akan lebih disarankan untuk Anda pilih, apabila Anda sering melakukan permainan dengan tingkat berat.
  • Sedangkan untuk memori penyimpanan internal atau harddisk, sebaiknya Anda menggunakan harddisk SATA dengan minimal kapasitas sebanyak 500GB, sehingga komputer mampu menampung game dalam jumlah yang banyak.
  • Pilihlah VGA dari komponen dengan merek yang sudah banyak dipercaya memiliki kualitas tampilan grafik yang unggul.

Selain komponen diatas, pemilihan mother board juga harus Anda perhatikan, pastikan bahwa Anda memilih mother board dengan spesifikasi socket yang sesuai dengan processor yang akan Anda gunakan. Hal ini wajib untuk Anda perhatikan, mengingat masing-masing mother board yang dijual dipasaran akan memiliki socket yang berbeda-beda, terutama pada bagian penempatan processor yang akan digunakan.

Selain komponen pada komputer gaming rakitan, Anda juga harus memperhatikan pemilihan monitor yang akan Anda gunakan. Hal ini penting karena nantinya monitor akan menjadi penentu kenyamanan Anda dalam memainkan berbagai game yang ada dalam PC Anda. untuk ukuran minimal dari monitor, sebaiknya Anda menggunakan monitor berukuran 19 inch, namun jika Anda memiliki dana lebih pemilihan monitor dengan ukuran 22 inch akan lebih disarankan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *