Kompor gas portable merupakan salah satu varian kompor yang khas dengan sisi praktisnya, karena bisa dipindahkan dan ditempatkan dimana saja. Memasak di dalam ruang hingga di luar sama-sama dapat dijangkau. Produk ini sendiri telah disediakan oleh beberapa produsen dengan mereknya masing-masing, yang memiliki kualitas bagus seringkali menjadi prioritas meski spesifikasi yang dibutuhkan oleh tiap-tiap individu berbeda-beda. Di bawah ini macam-macam dan cara memilih kompor gas kualitas terbaik.

Tips Memilih Kompor Gas Portable Kualitas Terbaik

Macam-macam kompor gas portable

Dilihat dari modelnya, kompor gas portable terdiri dari dua pilihan, yakni kompor dengan gas butane saja dan kompor portable two in one.

    • Kompor dengan dukungan gas butane only merupakan jenis kompor yang dalam desainnya menggunakan tabung gas kaleng.

 

  • Two in one merupakan kompor yang difungsikan dengan bahan bakar dari gas LPG maupun gas kaleng. Pilih salah satu saja dan bisa dipilih sesuai selera.

 

Cara memilih kompor gas portable kualitas terbaik

  • Pilihlah berdasarkan besarnya daya yang dibutuhkan

Fungsi sebuah kompor biasanya dipengaruhi oleh besar kecilnya daya yang dibutuhkan. Misalnya kompor yang memiliki daya minimal 2500 kkal/jam. Kompor ini cocok untuk keperluan masak-memasak. Namun, perlu diingat bahwa keterangan daya tersebut hanyalah sebagai panduan secara umum, karena kita tidak bisa membandingkan secara langsung kekuatan nyala api yang dihasilkan masing-masing kompor.

  • Badan kompor yang tipis dan ringan

Hal ini membuat Anda tidak memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Bentuknya yang ringan dan tipis tetap mampu menopang panci yang berat, sehingga tidak perlu khawatir panci jatuh atau tidak stabil. Sayangnya, tipe kompor ini mengorbankan fitur-fitur lain seperti kekuatan api, pelindung angin, dan pemakaian bahan bakar.

  • Pilihlah dengan menyesuaikan ukuran panci atau wajan

Ukuran panci ini berkaitan dengan keamanan saat memasak. Jika Anda memilih ukuran panci yang lebih besar dari ukuran kompor, bisa saja bagian samping kompor yang terinduksi panas dapat mengenai kaleng gas dan dapat menimbulkan kecelakaan.

  • Cek kelengkapan mekanisme keselamatan

Selain perawatan yang mudah, jangan lupa untuk mengecek apakah kompor tersebut memiliki fitur untuk mematikan api secara otomatis saat mendeteksi bahaya. Hal yang terpenting adalah yang berkaitan dengan gas bocor. Pastikan kompor yang Anda beli secara otomatis tidak akan menyala saat ada aliran gasnya yang bocor keluar.

  • Kompor gas portable dengan pelindung angin

Tak sama dengan kompor yang dipakai di dalam ruangan, kompor gas yang didesain untuk digunakan di luar ruangan biasanya memiliki kaca atau penyangga yang berfungsi untuk pelindung angin agar api tetap menyala secara stabil. Atau Anda bisa memasang pelindung sendiri dari material logam apabila produk yang Anda beli tidak menyediakan pelindung angin.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *