Ada banyak sekali kulkas kecil di pasaran dengan berbagai merek. Hal ini seringkali membingungkan orang-orang yang hendak membelinya. Jika Anda mengalami kebingungan yang sama seperti itu, Anda bisa menyimak beberapa tips dalam memilih kulkas mini yang ada di bawah ini terlebih dahulu, antara lain:

Tips Memilih Kulkas Kecil Sebelum Melakukan Pembelian

Pilih yang Desainnya Sesuai Selera

Biasanya kulkas kecil akan diletakkan di tempat-tempat yang mudah untuk menarik perhatian, karenanya sangat disarankan agar Anda memilih kulkas mini yang desainnya unik sehingga mampu memberikan aksen tersendiri pada ruang dimana kulkas ini ditempatkan.

Pilih Kulkas Mini yang Konsumsi Dayanya Kecil

Selanjutnya sangat disarankan juga agar Anda memilih kulkas yang konsumsi dayanya kecil. Biasanya konsumsi daya tahunan ini akan disebutkan dalam katalog sehingga Anda bisa lebih mudah saat memilihnya.

Periksa Bagian Dalam Kulkas Mini Terlebih Dahulu

Tips yang selanjutnya adalah silahkan Anda periksa bagian dalam kulkas mini tersebut. Anda juga pasti tahu bahwa kapasitas penyimpanan kulkas kecil tidaklah banyak sehingga Anda harus memeriksa bagian dalam terutama struktur rak dengan teliti. Walaupun kapasitas penyimpanan kulkas mini ini lumayan besar, akan tetapi selalu ada kemungkinan Anda tidak dapat memasukkan wadah makanan ataupun botol minuman ke dalamnya karena tidak ada rak yang posisinya bisa diubah-ubah. Selain itu, jika bagian pintunya minus rak, ini juga akan berpengaruh pada cara penyusunan serta jumlah barang yang dapat dimasukkan ke dalamnya.

Pertimbangkan Suara

Anda harus tahu bahwasanya ada beberapa produk kulkas mini yang bisa menimbulkan suara berisik. Suara-suara seperti ini biasanya terdapat pada kulkas yang mengadopsi sistem kompresi penguapan karena mengutamakan tingkat kedinginan. Namun ada juga kulkas mini bergaya peltier yang menghasilkan suara jauh lebih kecil namun tidak terlalu dingin. Jadi, sebelum Anda mulai memilih kulkas mini, silahkan Anda pikirkan tempat dimana kulkas tersebut akan diletakkan terlebih dahulu. Dengan begini, Anda bisa semakin mudah dalam memilih metode pendinginan kulkas yang tepat.

Ukuran dan Arah Pintu Kulkas Mini

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa karena ukuran kulkas mini ini kecil jadi bisa ditempatkan di mana saja. Hal tersebut memang benar, akan tetapi sangat disarankan agar Anda memperhatikan jarak antara kulkas dengan dinding untuk pelepasan panas. Kemudian perhatikan juga berapa banyak ruang yang dibutuhkan supaya pintu kulkas bisa terbuka dengan sempurna. Jadi, sebaiknya Anda pilih ruang dimana kulkas ini akan ditempatkan terlebih dahulu lalu pastikan bahwa ukuran ruang tersebut masih cukup untuk kulkas yang hendak Anda beli.

Kapasitas dan Jumlah Pintu

Tips yang selanjutnya adalah pilih kulkas mini yang kapasitas serta jumlah pintunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Kebanyakan kulkas mini akan mempunyai kapasitas yang kurang dari 100 liter. Namun untuk desainnya sendiri terdiri atas pilihan satu pintu dan dua pintu. Untuk kulkas mini dengan satu pintu biasanya lebih compact, sementara yang dua pintu biasanya freezernya juga terpisah. Silahkan Anda pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan saja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *