Home Gadget Tips Memilih Mesin Cuci Berkualitas yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Tips Memilih Mesin Cuci Berkualitas yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

by Caswitin
tips membeli mesin cuci

Perasaan kecewa dapat menghampiri siapa saja. Tak hanya ketika memilih pasangan, dalam memilih barang kebutuhan rumah tangga pun tak luput dari rasa kecewa. Salah satunya adalah mesin cuci. Nah, guna menghindari kekecewaan tersebut, tentu dibutuhkan banyak pertimbangan yang matang dan menyeluruh. Beberapa pertimbangan tersebut bisa saja seperti tujuan membeli, budget, sampai jenis yang diinginkan. Setelah membaca artikel ini, anda tidak lagi merasa bingung dan kecewa dalam memilih mesin cuci. Sebab, artikel ini akan membahas 9 tips membeli mesin cuci. Berikut ulasannya untuk anda!

1. Tentukan tujuan anda

Sama seperti hal lainnya, tips membeli mesin cuci yang pertama adalah mengetahui tujuan pembelian anda. Mesin cuci yang digunakan untuk konsumsi pribadi tentu berbeda dengan yang digunakan untuk satu keluarga. Sebab, daya tampungnya juga berbeda. Hal ini juga berlaku apabila anda berniat membeli mesin cuci untuk usaha laundry. Apapun itu, anda harus memastikan tujuan agar pilihan tepat sasaran.

2. Sesuaikan dengan budget anda

Tips membeli mesin cuci yang kedua adalah menentukan budget. Setelah memperoleh tujuan, anda dapat lebih mengerucutkan pilihan dengan alokasi budget yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan tujuan dan budget yang jelas, anda tentu dapat memilih mesin cuci yang berkualitas dan efisien. Sebab, jika mesin cuci dapat dibeli dengan harga 1 jutaan, untuk apa mengeluarkan uang hingga belasan juta? Lebih hemat, bukan?

tips membeli mesin cuci

tips membeli mesin cuci

3. Memperhatikan kapasitas

Menentukan kapasitas mesin cuci tidaklah susah. Anda dapat menghitung berapa jumlah pakain yang biasa anda cuci setiap harinya. Apabila anda terbiasa mencuci sekali dalam seminggu, tentu membutuhkan kapasitas mesin cuci yang besar. Begitu juga sebaliknya. Hal ini tentu saja berpengaruh. Sebab, kapasitas mesin cuci bergantung pada daya listrik yang dibutuhkan. Selain menghemat pengeluaran membeli mesin cuci, anda juga dapat menghemat biaya listrik. Ibarat kata pepatah, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Baca Juga:  Mesin Cuci Berikut Ini Akan Sangat Cocok untuk Anda yang Masih Tinggal Sendiri

4. Material pembuatan mesin cuci

Tips membeli mesin cuci yang keempat adalah memperhatikan material pembuatan mesin cuci. Mesin cuci terbuat dari material yang beragam. Ada yang terbuat dari enamel, material plastik, hingga stainless steel. Setiap material juga memiliki kualitas yang berbeda-beda. Akan tetapi, untuk daya tahan tentu juaranya adalah material stainless steel. Untuk itu anda juga perlu mempertimbangkan material mesin cuci. Jangan lupa tetap sesuaikan dengan budget, ya!

5. Daya listrik

Memperhatikan konsumsi listrik juga merupakan faktor penting ketika memilih mesin cuci. Daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci juga bergantung pada ukuran, jenis tabung serta kapasitas mesin cuci. Mulai dari mesin cuci yang membutuhkan daya sebesar 300Watt hingga 480Watt. Untuk itu, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semakin kecil Watt yang dibutuhkan, tentu dapat menghemat biaya listrik.

tips membeli mesin cuci

tips membeli mesin cuci

6. 1 tabung atau 2 tabung?

Tips memilih mesin cuci selanjutnya masih berhubungan dengan daya listrik. Mesin cuci 1 tabung membutuhkan daya yang lebih kecil dan juga air yang lebih sedikit. Sementara mesin cuci 2 tabung membutuhkan yang sebaliknya. Akan tetapi mesin cuci 2 tabung jauh lebih praktis. Namun, tetap saja harganya jauh lebih mahal. Pada akhirnya semua kembali kepada tujuan dan kebutuhan anda, ya!

7. Teknologi dan Fitur

Masing-masing mesin cuci dilengkapi dengan teknologi yang berbeda-beda. Secara umum, teknologi yang banyak diterapkan pada mesin cuci diantaranya double body, multipulsator, dan super dry spin. Selain itu beberapa mesin cuci juga menerapkan fitur penghematan pengunaan air dan listrik.

8. Membandingkan beberapa merk

Tips membeli mesin cuci yang kedelapan adalah membandingkan reputasi beberapa merk. Banyak orang memilih suatu produk dengan mempertimbangan merk. Bagi anda yang termasuk salah satunya, pastikan untuk memilih merk dengan reputasi baik dan terpercaya.

Baca Juga:  5 Jenis Juicer beserta Kelebihan dan Kekurangannya

9. Garansi dan Layanan

Tips membeli mesin cuci yang terakhir adalah pelayanan yang ditawarkan kepada konsumen. Garansi adalah salah satunya. Penting untuk mempertimbangkan garansi mesin cuci yang menjadi pilihan anda. Sebab, ketika suatu saat mesin cuci anda bermasalah atau rusak, tentu membutuhkan biaya perbaikan. Maka akan sangat membantu apabila produsen memberikan garansi.

Nah, itulah tadi 9 tips memilih mesin cuci yang bagus dan awet. Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk anda, ya! Jadilah konsumen yang bijak dengan membeli barang-barang produksi resmi terutama dalam negeri.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More