Pecinta kue biasanya sering memiliki keahlian dalam menciptakan kue sendiri untuk dikonsumsi sehari-hari bersama keluarga. Bahkan membuat kue bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus menghasilkan. Namun sebelum itu, diperlukan alat-alat khusus yang bisa digunakan untuk membuat kue baik untuk memanggangnya maupun untuk mencampur dan mencetak kue tersebut. Salah satu alat membuat kue yang banyak manfaatnya adalah oven listrik karena banyak kue basah dan kering yang dibuat dengan cara memanggangnya.

 Tips Memilih Oven Listrik untuk Penggunaan Sehari-hari

Jika dahulu pembuat kue rumahan hanya menggunakan oven kompor sebagai alat pembuat kuenya, namun kini mereka bisa membuat kue dengan lebih bersih dan cepat menggunakan oven dengan sumber listrik. Harga oven ini lebih terjangkau dibandingkan jaman dahulu dan sudah banyak yang menciptakannya sehingga Anda akan memiliki banyak pilihan merk serta rentang harga. Dengan oven di rumah, Anda bisa membuat kue kering, camilan, kue bolu dan sebagainya setiap harinya. Meski begitu, ada beberapa point yang perlu Ada perhatikan sebelum membeli sebuah oven baru yang akan mempengaruhi kinerja oven dan manfaat oven tersebut untuk Anda. Berikut ini adalah point-point yang perlu dipertimbangkan.

  • Merk oven.

Merk dalam pemilihan alat elektronik sangat penting diperhatikan karena merk menjadi jaminan kualitas barang. Alat elektronik umumnya akan sering digunakan sehingga keawetannya menjadi penting. Dengan memilih oven dari merk terpercaya setidaknya Anda akan mendapatkan oven yang sudah digunakan dan dibuktikan banyak orang. Selain itu jika mengalami kerusakan, akan ada tempat resmi untuk memperbaikinya sehingga memudahkan Anda melakukan perawatan.

  • Kapasitas oven.

Ada beberapa macam kapasitas oven listrik yang dijual di pasaran. Untuk penggunaan sehari-hari sebagai cemilan keluarga sebaiknya memilih yang tak terlalu besar namun cukup untuk 2 sub atau loyang. Namun jika Anda membuka usaha katering atau toko kue, sebaiknya memilih yang lebih besar untuk bisa mempercepat Anda membuat suatu jenis kue hingga matang. 

  • Daya listrik.

Karena menggunakan energi listrik sebagai sumber powernya, Anda perlu memperhatikan daya listrik yang digunakan. Umumnya oven memang membutuhkan listrik dengan daya yang besar, namun Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan suhu lebih kecil namun dengan waktu yang lama untuk membuat suatu jenis makanan tertentu. 

Itulah beberapa cara dalam memilih oven listrik yang bisa Anda gunakan ketika akan membeli sebuah oven untuk penggunaan sehari-hari di rumah. Dengan oven ini, Anda akan bisa menghemat waktu yang diperlukan untuk membuat kue maupun memanggang makanan lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan kelengkapan misalnya apa saja yang diberikan oven baru untuk Anda. Pastikan Anda memiliki semua yang dibutuhkan misalnya loyang, cetakan kue kering, pelindung panas dan lainnya untuk bisa menggunakan oven dengan maksimal.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *