Portable audio player atau dikenal juga dengan istilah MP3 player merupakan benda elektronik dijaman modern yang sangat efektif menemani disegala aktivitas dan kesibukan. Apalagi jika Anda sering berpergian perangkat portable mungil ini bisa disimpan dalam kantong pakaian.

Salah satu manfaat menggunakan audio player mini ini adalah bisa membantu menghilangkan rasa jenuh dan bosan, terutama saat sedang dalam perjalanan. Selain bentuknya yang ringkas, alat ini tidak hanya digunakan untuk mendengarkan musik dengan format Mp3 saja, namun bisa digunakan untuk melakukan hal-hal menarik lainnya.

Sudah banyak sekali jenis,tipe dan merk portable audio player, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Harganyapun bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Umumnya setiap jenis audio player memiliki bentuk yang unik dan lucu membuat siapapun yang melihatnya ingin segera membelinya. Namun sebaiknya jangan terburu-buru, ada baiknya jangan hanya mempertimbangkan bentuknya saja. Jika Anda benar-benar ingin membelinya pertimbangkan pula fitur dan kualitasnya.

Nah, berikut ini tips yang bisa Anda coba ikuti jika akan membeli audio player sesuai dengan kebutuhan.

Berapa Bugdet yang Anda Keluarkan

Sesuaikan memilih audio player yang harganya sesuai dengan budget. Jika Anda memiliki dana lebih jangan menjadi pembeli implusif. Perhatikan juga kebutuhan lain yang harus Anda penuhi.

Fitur Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal menggunakan audio player. Jadi sebaiknya pilih fitur yang akan digunakan sehari-hari. Misalnya penggunaan audio player tidak hanya untuk mendengarkan lagu tapi juga untuk memindahkan data sebagai pengganti flash disk. Jadi pilih bentuknya yang memudahkan proses pemindahan data. Atau ada juga audio player yang dilengkapi dengan audio rekaman bisa Anda jadikan pilihan jika itu kebutuhan Anda.

Periksa Perangkat Lunak, Aksesoris Dan Fitur Tambahan

Setiap paket audio player Mp3 biasanya sudah disertai aksesoris seperti: kabel USB, headset, charger dan perangkat lainnya. Pastikan semua perangkat dapat berfungsi dengan baik, sebelum membeli sebaiknya coba terlebih dulu. Untuk perangkat lunak Mp3 (software) bisa minta backupnya yang dalam bentuk kepingan CD untuk antisipasi jika ada masalah.

Media Penyimpanan Dan Kualitas Baterai

Biasanya kapasitas penyimpanan Mp3 saat ini 2GB ke atas. Namun dengan kapasitas 1GB juga sudah bisa menyimpan lagu 130-200 buah. Semakin tinggi kapasitas Mp3 maka harganya semakin mahal. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Jenis baterai yang digunakan yaitu baterai internal dan eksternal. Biasanya Mp3 yang menggunakan baterai eksternal harganya lebih mahal.

Check Kompatibilitas Dengan Komputer

Tips terakhir yang penting memilih portable audio player adalah kecocokan Mp3 dengan perangkat komputer atau laptop. Karena untuk memindahkan/ memasukkan lagu akan selalu menggunakan perangkat. Jadi pastikan tidak ada masalah ketidakcocokan kompatibilitas dengan komputer atau laptop.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *