Barang elektronik merupakan barang yang banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga hingga gadget canggih yang dipakai sehari-hari. Begitu besarnya manfaat barang elektronik sehingga jika terjadi kerusakan padanya akan sangat terasa kerugian yang ditimbulkan. Untuk itu diperlukan perbaikan dengan segera agar barang elektronik bisa berfungsi kembali. Meski banyak digunakan namun belum tentu semua orang bisa memperbaiki barang elektronik dengan benar. Diperlukan seseorang yang ahli atau tempat khusus untuk service elektronik yang bisa dipercaya agar barang elektronik Anda bisa segera normal kembali.

Tips Memilih Tempat Service Elektronik yang Aman dan Terpercaya 

Banyak orang atau tempat yang bisa dikunjungi untuk memperbaiki barang elektronik Anda yang rusak. Akan tetapi tak semua tempat dan orang tersebut bisa dipercaya karena apa yang mereka kerjakan tak sepenuhnya kita ketahui. Bisa saja mereka memanfaatkan ketidaktahuan Anda untuk mengganti semua komponen sehingga harga service yang diberikan terlalu mahal. Atau bisa juga komponen original Anda justru diganti dengan komponen palsu yang lebih murah. Meski tak semua tempat service melakukan hal tersebut namun sebaiknya Anda berhati-hati untuk memilih tempat service. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memilih lokasi service yang tepat.

  • Pilih tempat service resmi.

Jika Anda membeli sebuah barang elektronik sebaiknya membeli dari merk yang terkenal dan terpercaya. Dengan begitu akan ada banyak tempat service resmi yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan pasca beli jika barang elektronik Anda mengalami kerusakan. Dengan memilih tempat service elektronik resmi Anda setidaknya akan mendapatkan spare part resmi atau original sehingga kompatibel untuk produk yang Anda bawa tersebut. menggunakan spare part resmi memang lebih mahal namun bisa memberikan kualitas yang lebih awet untuk jangka panjang.

  • Rekomendasi orang lain.

Jika tak ada layanan service resmi untuk barang elektronik yang Anda beli, maka sebaiknya meminta rekomendasi dari tema atau kerabat terlebih dahulu sebelum memberikan barang elektronik Anda untuk di reparasi. Jika Anda memiliki tetangga atau teman yang bisa melakukan service maka bisa saja meminta tolong teman atau tetangga tersebut dengan tetap memberinya upah sesuai tarif. Yang paling penting adalah Anda percaya bahwa lokasi service tersebut jujur dan memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk memperbaiki barang elektronik Anda.

  • Ramai dikunjungi.

Jika tak ada referensi, mungkin Anda bisa berkeliling mall atau pasar tradisional untuk mencari lokasi service yang ramai dikunjungi orang. Tanyakan pada orang tersebut apakah lokasi tersebut memberikan service yang baik untuk jenis barang elektronik milik Anda.

Beberapa tips di atas bisa Anda lakukan untuk memilih tempat service elektronik mana yang sebaiknya dipercayai untuk memperbaiki barang elektronik Anda yang rusak. Mintalah garansi setelah perbaikan minimal 1 minggu setelah barang kembali Anda terima.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *