Barang elektronik sudah tidak dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari. Bahkan hampir seluruh kegiatan yang dilakukan saat ini dibantu oleh keberadaan barang elektronik. Mulai pagi hingga larut malam Anda tidak akan lepas dari peralatan elektronik. Salah satu contohnya adalah smartphone. Dibalik semua kelebihan yang dimiliki barang elektronik tersebut, ternyata tetap saja terdapat kekurangannya. Kekurangan barang elektronik tersebut adalah mudah rusak. Wajar saja ini karena barang elektronik dibuat oleh manusia. Tapi jika barang elektronik Anda mengalami kerusakan, ada baiknya tidak terburu-buru membuangnya. Karena sebenarnya ada tips memperbaiki elektronik rusak dengan cara yang mudah. Apa saja cara tersebut?

Membersihkan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi barang elektronik yang rusak adalah dengan membersihkannya. Karena sering kali debu menyebabkan sebuah barang elektronik menjaid rusak dan kinerjanya tidak maksimal. Disarankan untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaannya saja. Aada bisa membersihkannya menggunakan cairan khusus agar lebih bersih. Jika Anda ingin membersihkan bagian dalamnya juga tak masalah. Terpenting Anda membersihkannya dengan perlahan.

Memeriksa kabel power

Tips memperbaiki elektronik rusak yang kedua adalah dengan memeriksa kabeli power. Berikut ini ada beberapa cara memeriksa dan memperbaiki kabel power.

  • Jika kabel power dirasa kendor, Anda bisa membenahinya lagi. Copot dan pasangkan lagi ke dalam colokan kabel dengan benar.
  • Jika kabel power Anda putus atau sobek karena gigitan hewan pengerat, disarankan untuk melapisinya menggunakan selotip. Lalu Anda bisa mencobanya kembali. Apabila masih belum bisa, mungkin penyebab kerusakan tidak terdapat di kabel.
  • Jika memang kedua cara tersebut tidak berfungsi, cobalah saja untuk membeli kabel power yang baru.

Periksa komponen

Baca Juga : Tips merawat kulkas agar tahan lama

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa seluruh komponen yang ada pada barang elektronik Anda. Periksalah satu persatu dengan teliti dan seksama. Memang komponen elektronik sangat kecil sehingga perlu ketelitian yang sangat tinggi. Jika terdapat komponen yang terputus, Anda bisa menyambungkannya kembali menggunakan solder. Sambungkan dengan perlahan dan jangan sampai terputus. Setelah itu Anda coba kembali kinerja barang elektronik tersebut.

Terakhir jika langkah tips memperbaiki elektronik rusak ini gagal, ada baiknya Anda membawa ke tempat perbaikan. Namun pastikan Anda membawa ke tempat perbaikan yang berkualitas dan memang sudah memiliki reputasi terbaik. Karena jika Anda membawanya ke tempat perbaikan sembarangan, bisa saja akan membuat kerusakan barang elektronik yang dimiliki semakin rusak. Jika tak ingin menanggung resiko tersebut, disarankan untuk menggunakan jasa perbaikan resmi yang disediakan oleh pabrikan barang elektronik Anda. Apalagi jika produk elektronik Anda masih memiliki garansi. Demikian tips mengatasi kerusakan pada barang elektronik dan semoga bisa memberikan solusi serta inspiraasi untuk Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *