Beberapa jenis dan merk barang elektronik harganya masih dibandrol mahal membuat sebagian orang memilih kredit elekronik untuk mendapatkan jenis barang yang diinginkan. Hal tersebut membuka peluang usaha menjual barang secara kredit.

Menjual barang dengan cara kredit adalah menjual barang dengan cara pembayaran diangsur. Jenis usaha ini sudah ada sejak lama. Ada beragam jenis barang elektronik yang bisa dijual secara kredit, salah satunya adalah barang elektronik seperti: laptop, TV, speaker dan masih banyak lainnya.

Peluang usaha ini bisa dijalankan oleh siapapun termasuk oleh mahasiswa maupun ibu rumah tangga untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Jika Anda akan menjalani usaha ini harus mengetahui karakteristik bisnisnya dan resikonya yang lumayan tinggi. contoh kasus, menjalankan bisnis ini harus siap dengan munculnya kredit macet.  

Berikut ini adalah tips memulai bisnis kredit elektronik yang bisa dijadikan panduan:

Langkah Pertama

Memulai dan mengembangkan usaha ini sebenarnya tidak susah, Anda cukup membelikan jenis barang yang dibutuhkan konsumen lalu kemudian konsumen membayar uang cicilan setiap bulan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perputaran uang cepat dan Anda mendapatkan keuntungan besar. Pertama: batasi nilai nominal barang yang dipesan. Kedua adalah batasi jangka waktu pembayaran. Karena usaha kredit barang tergantung pada penghasilan bulanan, jadi usahakan jangka waktu cicilannya tidak terlalu lama.

Langkah Kedua

Langkah kedua yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana caranya Anda bisa mengambil upah dari hasil jerih payah Anda. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari usaha ini, yaitu:

Baca Juga:Tips Menemukan Barang dengan Diskon Elektronik

  • Menggaji diri anda sendiri

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggaji diri sendiri, artinya penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya berasal dari keuntungan usaha. Besar gaji yang Anda terima tergantung diri sendiri, namun sebaiknya ambil satu kali saja dalam sebulan.

  • Sistem presentasi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sistem presentasi. Menggunakan sistem ini, jumlah penghasilan tergantung keuntungan yang diperoleh.

  • Kombinasi kedua sistem pembayaran

Selain kedua cara tersebut, ada cara terakhir yang bisa Anda pilih yaitu dengan menggabungkan sistem menggaji diri sendiri dengan sistem presentasi.

Masing-masing sistem pembayaran bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda bisa menghindari atau tidak ada kredit macet, tentu perputaran uang akan berjalan dengan lancar. Artinya, keuntungan yang Anda peroleh jumlahnyapun bertambah besar.

Poin penting menjalankan usaha kredit elektronik barang adalah kepercayaan yang Anda berikan kepada konsumen. Jika ada konsumen yang melanggar perjanjian yang telah disepakati, tentu akan mengganggu kelancaran perputaran uang dan kelangsungan usaha Anda. Selain itu, jangan lupa membuat laporan keuangan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *