Cara mendapatkan kenyaman hunian bisa dicapai dengan berbagai cara mulai dari posisi rumah, membuat ruang khusus seperti ruang keluarga, dapur, perpustakaan rumah hingga taman hias. Selain itu perabot yang dipilih dalam mengisi rumah Anda juga bisa mendukung kenyamanan penghuninya, salah satunya yaitu televisi yang diletakkan di ruang santai atau ruang keluarga bahkan di ruang tidur sekalipun. Sebelum Anda membelinya harus memperhatikan beberapa hal diantaranya:

Tips Mencari Televisi Terbaik dan Pas Untuk Hunian Anda

Ukuran yang Disesuaikan dengan Ruangan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ruangan atau letak penempatan televisi yang akan Anda beli. Ukuran TV harus disesuaikan juga dengan jarak aman menonton agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik. Jarak aman bisa dihitung dari 3x tinggi TV misalnya ukuran 32 inci yang memiliki tinggi 29 cm memiliki jarak aman kurang lebih 1.2 meter.

Lihat Jenis LED backlight

LED atau Light Emiting Diode adalah susunan lampu belakang layar sebagai sumber cahaya atau disebut juga backlight. Anda harus memperhatikan jenis backlight yang digunakan yaitu antara direct dan edge. Tipe diect berfungsi menyebarkan cahaya secara langsung dari belakang layar. Tipe ini memberikan warna yang tajam dan harga yang lebih mahal. Sedangkan pada tipe edge, lampu-lampunya berada di pinggiran layar. Kelebihan yang didapat dari tipe ini adalah hemat energi sedangkan kelemahannya kualitas gambar kurang tajam.

Resolusi Full HD atau 4K

Resolusi televisi yang dapat dipilih yakni full HD (High Definition) atau 4K dipastikan memberikan jaminan kualitas gambar yang baik dan jernih. Kualitas ini juga tergantung oleh merek dan harga yang ditawarkan. Pada umumnya resolusi 4K dibanderol dengan harga yang lebih tinggi daripada full HD karena 4x lebih besar.

Fitur Produk Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Jika Anda membutuhkan banyak fitur dalam televisi yang akan dibeli tentunya harus mengeluarkan budget cukup banyak. Maka untuk mendapatkan harga yang ekonomis, Anda harus memilah dan menyesuaikan dengan kebutuhan fitur yang paling penting misalnya fitur perekam, fitur football mode, dan sebagainya.

Unit Output Pada Produk

Anda harus mengecek kelengkapan unit output umum pada televisi seperti HDMI output, MHL output dan ARC output dalam keadaan baik. Selain itu terdapat unit tambahan seperti jaringan internet baik wired dan wireless.

Spesifikasi Produk Berdasarkan Merek
Beberapa produsen terkenal membuat dan mendesain produk televisi dengan keunggulan dan cirri khas masing-masing. Pada merk Sharp memiliki keunggulan dalam menghasilkan warna tajam dan jernih dalam setiap produknya. Panasonic menawarkan berbagai fitur canggih yang lengkap. Toshiba dilengkapi dengan tingkat pengolahan gambar yang tinggi sehingga penonton akan lebih nyaman. Sedangkan pada merk Sony unggul dalam desain yang memiliki kualitas tinggi dan terbaik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *