Cuaca panas seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Dapat memicu seseorang tidak fokus, juga produksi keringat berlebih yang sangat mengganggu. Hal ini pun mendorong setiap orang untuk mendinginkan ruangan agar tetap nyaman digunakan. Penggunaan AC yang tidak ramah lingkungan mungkin bukan pilihan yang bijak. Salah satu alternatif yang bisa dipilih adalah dengan kipas angin.

Tips Menentukan Kipas Angin Meja yang Bagus

Tips Memilih kipas angin meja

Sebetulnya ada banyak macamnya. Ada kipas yang diletakkan di lantai dengan kaki panjang, ditempelkan di dinding ataupun yang diletakkan di meja. Kali ini ada beberapa tips yang akan membantu Anda menentukan jenis kipas angin untuk meja yang bagus.

Power supply yang sesuai

Ada beberapa tipe power supply yang bisa Anda jadikan referensi, yakni tipe baterai, listrik AC dan USB. Tipe baterai sendiri adalah tipe yang sangat cocok untuk dibawa bepergian. Bentuknya yang ringkas memungkinkan Anda untuk menyalakannya tanpa harus mencolokkan ke sumber listrik. Sedangkan untuk tipe listrik AC, kita membutuhkan sumber energy listrik untuk menghidupkannya. Salah satu kelemahan tipe ini adalah keterbatasannya yang hanya bisa digunakan sebatas panjang kabel yang digunakan. Meskipun begitu, tekanan angin yang dihasilkan cenderung lebih kuat dari tipe lainnya.

Tipe yang ketiga adalah tipe USB. Kipas ini mampu dinyalakan dengan di colokkan ke USB port pada PC atau laptop. Dengan begitu, selama Anda membawa laptop, kipas ini bisa digunakan. Kelemahan tipe kipas satu ini adalah tekanan angin yang dihasilkan sangat kecil.

Menyesuaikan dengan tempat

Faktor tempat adalah salah satu pertimbangan yang sangat penting. Jangan hanya memperhatikan desain dan warna saja, namun tempat Anda akan meletakkannya juga menjadi pertimbangan. Jika ruangannya cukup luas, ukuran kipas angin pun juga harus cukup besar untuk memberikan efek yang bisa dirasakan seluruh ruangan. Namun, jika Anda hendak meletakkannya di meja belajar atau meja bekerja, pilihlah ukuran yang mini agar tidak membuat Anda masuk angin.

Pilih yang tidak berisik

Mendapatkan udara sejuk mungkin memang menjadi prioritas. Namun, kelancaran beraktivitas juga perlu diperhatikan. Jika Anda membeli kipas yang sangat berisik untuk ditempatkan di meja kantor tentu akan mengganggu kegiatan orang di sekitar Anda. Selain itu, suara berisik juga merupakan polusi udara yang dapat mengganggu kadaan psikologis seseorang.

Memiliki volume udara dan fungsi yang bervariasi

Jika kebutuhan Anda akan kesejukan udara tidak selalu sama, Anda bisa memilih model kipas yang memiliki beberapa pilihan volume udara. Sehingga saat Anda menginginkan tekanan angin yang cukup kencang, Anda bisa memiliki pilihan tersebut. Selain volume udara, pastikan kipas angin yang Anda beli memiliki beberapa fungsi sekaligus, seperti mendinginkan PC, juga desainnya yang enak dipandang.  

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *