Microwave oven merupakan alat elektronik yang sangat penting yang dapat dimiliki para ibu rumah tangga di dapur kesayangannya. Sedangkan untuk sistem kerja dari alat ini pun juga sangatlah mudah serta tidak akan memakan banyak waktu dalam prosesnya. Sehingga banyak para bu rumah tangga yang menjadikan alat ini sebagai alat andalannya dalam memasak jika dibandingkan dengan memasak dengan cara tradisional.

Tips Menggunakan Microwave Secara Benar yang Perlu Diperhatikan

Alat ini pun tidak hanya mudah dan cepat dalam penggunaannya, akan tetapi alat ini pun juga mampu membuat dapur kesayangan Anda tidak akan terlihat kotor. Karena untuk memasak Anda tidak perlu menggunakan banyak peralatan memasak dan menjadikan dapur Anda berserakan dan membuat tampilan dapur Anda berantakan, karena dengan menggunakan alat yang satu ini, maka kegiatan memasak Anda pun menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan sebaik mungkin pada saat Anda menggunakan alat yang satu ini. Meskipun microwave ini mudah untuk digunakan, namun untuk proses penggunanya pun tidak dapat dilakukan dengan cara yang sembarangan, agar hal ini tidak membahayakan diri Anda pada saat menggunakannya dan tentunya akan menjadikan merasa lebih nyaman selama menggunakannya.

Berikut ini tips yang wajib diperhatikan dengan baik, yaitu:

  • Pakailah wadah yang aman.

Pada saat Anda akan memasukan makanan dalam alat ini, maka gunakan wadah yang aman dan didesain khusus sebagai wadah yang tahan terhadap panas. Hindari menggunakan wadah dari bahan logam, karena dapat menimbulkan percikan api.

  • Penutup makanan memiliki lubang.

Apabila Anda ingin menutup makanan menggunakan alat ini, maka pastikan bahwa terdapat lubang ventilasi, karena hal ini dapat menyebabkan letukan panas pada saat Anda akan membuka setelah masakan sudah matang.

  • Peletakan.

Meletakan alat ini juga tidak sembarangan, Anda dianjurkan untuk meletakkannya pada bibir meja.

  • Diamkan makanan setelah diangkat.

Setelah makanan sudah diangkat, maka sebaiknya Anda mendinginkan terlebih dahulu, karena suhu panas masih menempel pada makanan.

  • Jangan tinggalkan saat memasak popcorn.

Bagi Anda yang suka memasak popcorn dengan bantuan alat ini, maka sebaiknya jangan meninggalkannya saat memasaknya, karena dapat membuat popcorn gosong.

  • Bersihkan secara teratur.

Penggunaan yang terlalu sering tentunya juga membutuhkan perawatan dengan cara membersihkannya secara rutin.

Dengan mengikuti ke 6 langkah yang ada di atas, maka hal ini pun akan menjadikan Microwave Anda mampu bertahan lebih lama dan tentunya tidak akan menjadikan diri Anda kesulitan dalam menjaga keawetan alat ini, karena penggunaannya yang mudah dan dengan proses yang cepat, maka perhatikan pada beberapa poin penting yang ada di atas agar alat ini tidak menimbulkan bahaya pada diri Anda saat menggunakannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *