Jika Anda memiliki hobi merakit komputer, bisa coba merakit komputer gaming sendiri. Apalagi jika Anda menyukai game dengan speak yang berat seperti Call of Dutsy Ghosts, GTA-5, Far Cry-3 dsb akan lebih menyenangkan bermain di komputer rakitan sendiri.

Sebelum memutuskan merakit komputer gaming idaman, sebaiknya ketahui komponen-komponen penting yang dibutuhkan untuk menyusun parts menjadi PC khusus game.

CPU

Central Processing Unit atau CPU biasanya disebut dengan istilah processor merupakan otak komputer. Fungsinya adalah memproses perintah data dari berbagai kanal input setelah diproses mengeluarkan data tersebut lalu data bisa dieksekusi menjadi data output.

Pemilihan CPU mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan. Untuk aktivitas gaming kami rekomendasikan processor dari Inter Core minimal generasi ketiga. Jika memiliki budget bisa pilih generasi Inter Core i5

Motherboard

Biasanya disebut dengan MoBo, merupakan papan ibu dari komputer. Papan tersebut menjadi tempat hardware menempel dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya. MoBo mempengaruhi socket procie apa yang nantinya akan digunakan dan jenis slot kartu expansi, jumlahnya dsb.

Baca Juga: Komponen Penting Komputer Gaming Rakitan

VGA

Video Graphic Accelerator atau VGA merupakan kartu grafis yang penting untuk menentukan kinerja kompuer Anda. GPU yang tertanam di VGA dirancang khusus untuk menangani proses menampilkan grafis di monitor. Unit pengolahan grafis terintegrasi dinamakan Graphics Processing Unit atau GPU yang terhubung pada kanal memori subsystem khusus. Tugas GPU adalah menangani perubahan dari bentuk data menjadi pixels yang ditampilkan ke layar.

RAM

Random Acces Memory atau Ram seperti ingatan jangka pendek atau digunakan untuk menyimpan data sementara sesuai dengan kapasitasnya. Semakin tingginya kebutuhan sistem operasi game, beragam aplikasi dsb membutuhkan kapasitas RAM yang juga tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan bermain game disarankan kapasitas RAM-nya yang diatas 4GB.

SSD Dan HDD

Tidak perlu membeli Solid State Drive (SSD) yang terlalu besar kapasitasnya, cukup yang 120GB. Kapasitas tersebut sudah dapat memaksimalkan pengalaman saat bermain game. Sedangkan untuk penyimpanan data selain OS seperti: file video, lagu, install game dsb bisa gunakan Hard Disk Drive (HDD).

PSU

Fungsi PSU adalah menyediakan energi listrik ke semua komponen. Jangan remehkan fungsi PSU, karena jika terjadi kerusakan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen komputer lainnya. Sebelum merakit, sebaiknya hitung terlebih dulu berapa kebutuhan watt komputer.

Sebenarnya masih ada beberapa komponen lainnya yang diperlukan untuk membuat komputer gaming rakitan. Seperti: casing yaitu tempat untuk menyatukan semua komponen ibarat rumah. Kompoen yang terakhir adalah head sink fan yang berfungsi sebagai sistem pendingin untuk CPU.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *