Tips Merawat AC—AC rumah pada dasarnya dirancang dengan cukup baik untuk bertahan cukup lama walaupun dipakai terus menerus sepanjang hari. Namun terdapat beberapa hal yang dapat merusak AC atau mengurangi masa pemakaiannya.

Berikut beberapa Tips Merawat AC agar lebih awet masa pakainya.

  • Perhatikan Saringan Udara

Saringan udara pada AC menjadi hal yang cukup penting dari semua komponen yang membentuknya. Jika anda perhatikan tukang service Ac kala menservice AC anda, sekecil apapun kerusakan yang terjadi pada AC anda, dia pasti akan membenarkan komponen ini. Ya saringan udara memang harus selalu dijaga kebersihannya. Karena fungsinya yang cukup penting, yaitu menyaring debu agar tidak menyumbat dan menempel pada permukaan evaporator. Bila tidak dilakukan perawatan rutin, maka akibatnya AC tidak menjadi dingin. Ini dikarenakan, udara yang melalui saluran tehambat oleh banyaknya debu di saringan. Jika debu tetap dibiarkan menumpuk, maka selain AC yang menurun kualitasnya, debu-debu juga dapat tersedot ke dalam Evaporator, menyumbat celah-celahnya, menutupi permukaan serta dapat menempel pada kipas pendingin. Hal ini dapat menambah berat pekerjaan AC.

  • Membersihkan Evaporator

Membersihkan Evaporator dapat dilakukan dengan penyedot debu portabel. Saat membersihkan, usahakan jangan menekan sirip evaporator. Cukup arahkan vacum cleaner ke arah Evaporator secara bolak-balik untuk menyedot sebagian debu sempat ke dalam celah Evaporator.

  • Membersihkan Kipas

Guna memperlancar kinerja AC, sebaiknya kipas pendingin juga harus dibersihkan satu paket dengan dua hal diatas.

  • Atur Suhu Thermostat

Thermostat berfungsi sebagai otomatis untuk melindungi dan mencegah ruangan agar tidak terlalu dingin. Serta melindungi AC agar tidak bekerja secara berlebihan, terutama pada bagian kompresor. Saat anda menekan remote dan mengatur suhu di angka 20 derajat Celcius, sebenarnya AC diperintahkan untuk bekerja terus menerus sampai suhu ruangan mencapai 20 derajat. Mungkin hal tersebut mudah ketika malam hari, namun akan sangat kesulitan jika dilakukan di siang hari yang panas. Akibatnya, AC akan menjadi kelebihan beban dan mengalami kerja berlebihan dalam jangka waktu lama. Terkadang kita sering beranggapan bahwa, ketika mengatur suhu pada 20 derajat ruangan akna cepat dingin. Sebenarnya hal tersebut keliru. Pengaturan demikian tidak membuat suhu lebih cepat dingin. Hal itu hanya akan menentukan target suhu yang ingin dicapai tanpa mempercepat suhu ruangan untuk menjadi lebih dingin.  Juka anda sering lakukan hal ini, umur AC anda tidak akan panjang. Karena setelan (settingan)  suhu lebih rendah, maka beban AC akan semakin bertambah. Jadi bila ingin AC anda tetap awet muda, ada baiknya untuk mengurangi suhu ruangan di pengaturan yang tidak teralu rendah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *