Barang elektronik merupakan barang yang mungkin saat ini banyak dimiliki dalam setiap rumah masyarakat Indonesia. Mulai dari peralatan dapur, mencuci hingga peralatan rumah tangga lainnya, tentunya sudah menggunakan perlengkapan elektronik sebagai sistem kerja utamanya. Peralatan elektronik dalam rumah tangga ini, tentunya juga memerlukan perawatan yang khusus, agar nantinya dapat tetap digunakan dengan optimal, meskipun telah dioperasionalkan dalam jangka waktu yang lama. Namun hal ini terkadang seringkali diabaikan oleh para pemilik barang elektronik rumah tangga tersebut, dengan alasan sedikitnya waktu yang mereka miliki untuk melakukan perawatan tersebut. Bagi Anda yang memang memiliki waktu sangat sedikit ulasan berikut ini akan membahas mengenai tips merawat barang elektronik rumah tangga yang mudah.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan barang elektronik rumah tangga yang Anda miliki adalah voltase listrik yang ada dirumah Anda, pastikan telah sesuai dengan peralatan elektronik yang akan Anda gunakan. Penggunaan barang elektronik dengan voltase yang tidak sesuai, biasanya dapat menyebabkan kerusakan pada alat elektronik yang Anda miliki. Selain voltase, cara penggunaan yang tepat dan sesuai dengan petunjuk yang disarankan dalam buku panduan penggunaan barang elektronik, haruslah Anda perhatikan dan jangan menggunakan barang elektronik sesuai dengan kehendak Anda tanpa memperhatikan tatacara yang benar dan tepat.

Berikut ini tips merawat barang elektronik rumah tangga yang mudah lainnya, yang dapat Anda terapkan dalam penggunaan sehari-hari, yang antara lain adalah:

  • Putuskan hubungan listrik pada alat elektronik rumah tangga yang memang sedang tidak Anda gunakan, untuk melindungi komponen dari barang elektronik tersebut terus bekerja.
  • Bersihkan barang elektronik rumah tangga, setiap kali selesai digunakan dengan tatacara yang sesuai dan dianjurkan dalam buku petunjuk penggunaan.
  • Letakkan barang elektronik rumah tangga yang Anda miliki pada bidang yang datar, dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga nantinya panas yang ditimbulkan dari penggunaan dapat dikontrol dengan baik.

Jika Anda ingin mengubah posisi ataupun letak dari barang elektronik rumah tangga yang Anda miliki, maka ubah atau pindah lah posisi barang elektronik tersebut dalam keadaan mati atau tidak difungsikan. Pemindahan barang elektronik dalam keadaan hidup dapat mengakibatkan kerusakan komponen yang fatal, serta dikhawatirkan akan membahayakan Anda, karena adanya aliran arus listrik yang mungkin saja dapat menyengat.

Tips merawat barang elektronik dalam rumah tangga yang juga harus Anda perhatikan adalah jika terjadi kerusakan pada barang elektronik yang Anda miliki, maka serahkan saja perbaikannya pada tenaga ahli yang memang menguasai perbaikan barang tersebut. Jika garansi dari pembelian barang elektronik tersebut masih berlaku, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan fasilitas garansi dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi pada barang elektronik tersebut.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *