Dalam sebuah rumah tangga, tentunya terdapat berbagai barang elektronik yang selalu digunakan dalam kegiatan sehari-hari, baik barang elektronik untuk peralatan dapur, peralatan kamar tidur, maupun barang elektronik untuk kebutuhan pribadi. Berbagai barang elektronik ini memang dapat memberikan fungsi kemudahan dan kepraktisan tersendiri bagi para pemiliknya. Meskipun mudah dan praktis untuk digunakan, namun barang elektronik ini juga membutuhkan perawatan khusus, agar nantinya menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini sedikit ulasan mengenai tips merawat barang elektronik dalam rumah tangga, agar awet dan aman digunakan.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam perawatan barang elektronik adalah cara penggunaan barang tersebut. akan lebih baik dan aman jika Anda menggunakan barang elektronik sesuai dengan prosedur yang ada dalam buku petunjuk cara penggunaan barang elektronik tersebut. Cara penggunaan yang tidak sesuai dan sesuka hati penggunanya, maka akan dapat mengakibatkan kerusakan, bahkan dapat membahayakan keselamatan para pengguna tersebut, karena terdapat aliran listrik didalam barang elektronik tersebut.

Berikut ini tips merawat barang elektronik dalam rumah tangga lain, yang harus Anda perhatikan untuk keawetan dan keamanan dalam penggunaannya, yang antara lain adalah:

  • Tempatkanlah berbagai barang elektronik pada bidang permukaan yang datar, agar nantinya sparepart yang terdapat dalam barang elektronik tersebut tidak bergeser, yang dapat menyebabkan terjadinya pergesekan ataupun konsleting.
  • Tempatkan barang elektronik pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, dimana hal ini untuk mengurangi pemanasan pada komponen barang elektronik yang sedang digunakan.
  • Putuskan aliran listrik, ketika barang elektronik tidak digunakan, agar nantinya elektronik tersebut tidak panas karena adanya aliran listrik.
  • Pakailah semua peralatan elektronik didalam rumah dengan waktu jeda, dan jangan memakainya secara berterus-terusan, sehingga menimbulkan suhu panas yang dapat merusak komponen barang elektronik.

Selain tahapan perawatan tersebut diatas, Anda juga harus membersihkan berbagai barang elektronik rumah tangga secara berkala. Namun untuk membersihkan berbagai barang elektronik ini, hindari pemakaian berbagai bahan pembersih yang dapat menimbulkan kelembaban ataupun basah pada barang elektronik, karena hal tersebut dapat menyebabkan hubungan arus pendek pada komponen-komponen yang terdapat dalam barang elektronik.

Hal terakhir dalam tips merawat barang elektronik yang harus Anda perhatikan adalah jangan memperbaiki sendiri berbagai barang elektronik yang terlihat rusak, jika memang Anda tidak mengerti dengan benar cara memperbaikinya. Perbaikilah kerusakan tersebut pada orang yang memang ahli dalam bidangnya, sehingga nantinya barang elektronik dapat berfungsi dengan benar kembali. Mengingat kemungkinan terjadinya kerusakan inilah, sangat disarankan bagi Anda untuk selalu menyimpan dan meminta kartu garansi ketika membeli barang elektronik apapun, sehingga nantinya dapat digunakan sebagai jaminan ketika terjadi kerusakan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *