Ada berapa banyak perangkat elektronik Anda di dalam rumah? Coba dihitung. Pastinya lebih dari 5 ada bukan. Hal ini memang sudah menjadi ciri khas dari masyarakat era modern, dimana banyak hak yang dilakukan tak bisa terlepas dari teknologi. Untuk menunjang kemudahan dan juga kecepatan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, bekerja hingga belajar semuanya ada. sehingga terkadang pengeluaran atau beban untuk penggunaan perangkat elektronik sendiri juga sangat tinggi. Ketahui juga meskipun tawarkan banyak sekali keuntungan, namun barang elektronik juga sangat mudah rusak, jika tak dirawat secara benar. Jadi ketahui dulu tips merawat barang elektronik.

Sebenarnya berbeda jenis perangkat elektronik yang dimiliki, maka akan berbeda pula cara perawatannya, jadi simak terlebih dahulu kiat-kiatnya berikut ini:

Perawatan gadget

Sarana yang satu ini memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang komunikasi dan juga hiburan, bentuknya sangat banyak mulai dari ponsel, kemudian juga laptop hingga komputer. Untuk lebih awetnya maka berikut ini ada sedikit tips dalam perawatan, yaitu:

  1. Hindari menempatkan satu gadget dengan gadget yang lainnya berdekatan, hal ini akan mempermudah kerusakan, karena mereka saling mengeluarkan radiasi secara bersamaan.
  2. Ketika tidak digunakan sebaiknya matikan perangkat tersebut, hal ini berfungsi untuk mengistirahatkan mesin di dalamnya, juga untuk mengontrol konsumsi daya jadi semakin hemat.
  3. Jangan meletakkannya di tempat yang lembab, seperti diantaranya adalah kondisi ruangan yang berair atau dingin, ini akan membuatnya mudah rusak.
  4. Tempatkan di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak dan kondisinya stabil, sehingga tak mudah jatuh dan pecah.

Barang elektronik rumah tangga

 Baca Juga di kabarelektronik.com tentang tips dan trik perawatan barang elektronik dengan aman

Tips merawat barang elektronik rumah tangga ini berbeda dibandingkan dengan gadget, karena ukurannya juga lebih besar, seperti diantaranya adalah kulkas, mesin cuci, kemudian rice cooker hingga televisi yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, diantara cara merawatnya yaitu:

  1. Tempatkan di ruangan yang bersih dan juga kering.
  2. Jangan lupa untuk selalu membersihkannya secara berkala, karena debu yang menempel juga bisa masuk kedalam mesin dan merusaknya. Hal sederhana bisa menjaga kondisinya tetap cantik dan tahan lama.
  3. Pastikan bahwa kondisi listrik di rumah dalam kondisi stabil, aliran listrik yang tak stabil hanya akan membebani perangkat elektronik Anda, bahkan bisa memicu terjadinya kebakaran.
  4. Jika tak dipakai sebaiknya cabut aliran listrik. Karena dengan membiarkan aliran listrik tetap terhubung hanya akan membuat perangkat tersebut cepat panas atau over head. Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya kerusakan.

Mudah sebenarnya untuk dilakukan, hanya terkadang banyak masyarakat yang malas menerapkan tips merawat barang elektronik tersebut, sehingga mudah rusak, bahkan sebelum 1 tahun pemakaian.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *