Memiliki alat elektronik berupa kulkas pada masyarakat kota besar memang menjadi sebuah kebutuhan. Dengan membeli kulkas tentu saja akan membuat Anda lebih mudah dalam menyimpan bahan makanan yang lebih tahan lama dan air untuk membuat minuman dingin. Sama seperti barang elektronik lainnya kulkas juga harus dirawat. Tujuannya agar kulkas yang dibeli menjadi lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perlu Anda ketahui bahwa memiliki kulkas akan membantu dalam menghemat anggaran belanja. Hal ini karena bahan makanan bisa digunakan dalam beberapa hari dan tidak perlu untuk membeli berulang kali. Dengan demikian maka kulkas memang menjadi kebutuhan primer yang sebaiknya dirawat dengan baik. Berikut ini tips merawat barang elektronik seperti kulkas agar tahan lama.

Tips untuk merawat barang elektronik seperti kulkas yaitu:

  • Isi kulkas secukupnya

Ada baiknya apabila Anda menggunakan kulkas mulailah menyimpan barang secukupnya. Jangan terlalu penuh atau pun memiliki beban yang berat. Hal ini karena akan dapat merusak bagian rak tersebut. Hendaknya apabila Anda memilih jenis tempat makanan dengan bahan plastik yang berkualitas. Dengan menggunakan tempat makanan seperti ini akan membantu mendapatkan berbagai ukuran yang dibutuhkan dan tidak akan terlalu berat.

  • Simpan air minum dalam keadaan normal

Didalam kulkas tentu saja ada tempat minuman dingin. Tujuannya agar saat Anda minum terasa lebih segar. Namun perlu Anda ketahui bahwa saat mengisi air minum ke dalam botol yang berada di dalam kulkas. Pastikan bahwa air minuman tersebut berada dalam kondisi normal. Begitu pula dengan makanan yang akan dimasukkan ke dalam kulkas. Apabila minuman atau makanan tersebut masih dalam keadaan panas. Ada baiknya dinginkan terlebih dahulu hingga dalam keadaan normal.

  • Bersihkan secara berkala

Tips merawat barang elektronik seperti kulkas dengan perhatikan pada bunga es yang ada didalamnya. Bersihkan secara rutin bunga es yang membuat pintu freezer tidak bisa dibuka. Caranya dengan memencet tombol off. Biarkan selama satu malam apabila keadaan bunga es ini sangat banyak. Ambil wadah yang besar untuk menampung bunga es. Apabila Anda mencetak es dalam wadah segera buang karena sudah terkena bunga es.

Baca Juga : Peralatan elektronik multifungsi yang harus anda miliki di dapur

  • Bersihkan bagian dalam kulkas

Jangan sampai Anda mencongkel bunga es ini dan biarkan terlepas sendiri. Apabila bunga es sudah bersih. Ambil segera air hangat yang diletakkan dalam spon dan sabun cuci piring. Dalam keadaan mati bersihkan hingga ke bagian sudut. Jika semua bagian sudah dibersihkan keringkan dengan lap yang bersih dalam keadaan basah. Lanjutkan dengan lap dengan keadaan kering.

  • Atur jarak kulkas dan dinding

Apabila Anda selesai membersihkan silahkan tata kembali bahan makanan dan es ke dalam tempatnya. Perhatikan bahwa apabila jarak antara dinding dan kulkas terlalu dekat tarik hingga mendapatkan jarak yang sesuai. Perlu Anda ketahui bahwa jarak kulkas yang benar adalah antara lima belas hingga dua puluh centimeter. Tujuannya agar panas yang dihasilkan mesin kulkas tidak memantul dan mengenai bagian mesin tersebut.

  • Atur suhu

Setelah membersihkan kulkas pastikan bahwa menyetel kulkas dalam posisi normal. Apabila Anda menyetel dalam posisi yang terlalu dingin. Dampak buruknya adalah kemungkinan menyebabkan penggunaannya listrik yang terlalu boros. Dengan demikian hendaknya Anda mulai mengatur suhu dengan lebih rendah. Sehingga penggunaan listrik menjadi lebih efisien, hemat dan tidak membuang energi. Jika Anda menjalani tips merawat barang elektronik seperti kulkas secara demikian terus menerus membuatnya menjadi lebih awet.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *