Di zaman yang teknologinya serba canggih ini, saat Anda sedang kepanasan, sudah tidak perlu lagi menggunakan kipas tangan yang dilakukan secara manual. Karena akan sangat melelahkan tangan Anda, serta gerah juga tidak akan kunjung hilang. Sekarang, dengan adanya kecanggihan teknologi, sudah ada kipas angin yang tinggal di pencet tombolnya, sudah bisa menghilangkan gerah Anda.

Jika Anda sudah memilikinya, ada baiknya jika Anda juga melakukan perawatan pada kipas ini. Karena jika tidak melakukan perawatan, maka akan sangat rentan mengalami kerusakan. Dan itu sangat merugikan Anda. karena dengan adanya perawatan yang tepat dan secara rutin, barang teknologi Anda akan mempunyai pemakaian dengan jangka waktu yang sangat lama. Sehingga tidak harus membelinya secara terus menerus.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat kipas angin Anda agar tidak mudah rusak. Diantaranya adalah:

  • Membersihkan pada bagian dalam dan juga luarnya kipas, yaitu bagian bushings dam juga has adalah yang paling utama harus selalu dibersihkan. Dengan cara membersihkan misalkan ada rambut yang melilit pada has-nya, dan juga debu atau kotoran yang sudah mengeras.
  • Memberikan minyak pelumas pada bagian bushings, selama 3 bulan sekali. Agar tidak mudah mengalami karatan.
  • Untuk jenis kipas yang masih menggunakan gearbox, jangan sampai terlalu sering mengaktifkan atau menggerakkan pada bagian yang bisa menggerakkan baling-baling-nya bergerak ke kanan atau ke kiri. Karena akan rentan mengalami kerusakan. Kecuali untuk jenis kipas yang sudah ada motor penggerak khusus.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat kipas angin Anda. dan cara yang sudah disebutkan diatas adalah untuk orang yang tidak mempunyai keahlian dalam bidang listrik. Karena perawatannya masih sangat sederhana. Untuk bagian listrik, biasanya memanggil yang memang sudah ahli dalam bidangnya agar tidak ada kesalahan. Karena memang bagian listrik sangat berbahaya jika tidak dilakukan oleh ahlinya.

Selain melakukan perawatan, ada juga beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki kipas tersebut. Diantaranya adalah:

  • Copot pada bagian kabel powernya kipas dari sumber colokan atau arus yang mengalirkan ke listrik. Agar tidak terkena strum-an.
  • Cek terlebih dahulu pada bagian kabel power kipas tersebut. Karena kabel tersebut adalah bagian yang akan menghubungkan arus listrik menuju kipas tersebut. Jika kabelnya rusak, maka kipas tersebut tidak bisa digunakan. Dan yang paling sering rusak adalah bagian jack kabelnya. Biasanya diakibatkan karena adanya gigitan dari seekor tikus. Cara mengetahuinya pun tidak perlu menggunakan alat bantu.
  • Cek bagian koneksi panel yang berfungsi sebagai alat yang mengatur kecepatan kipas tersebut. Dan biasanya kerusakan terjadi dengan adanya bengkok pada panel nya.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *