Melakukan perawatan televisi bagi sebagian orang mungkin bukan hal yang penting. Padahal merawat TV yang baik dan benar bisa membuat TV tidak cepat rusak, apalagi jika TV yang Anda miliki adalah jenis LCD. LCD TV atau TV layar datar saat ini menjadi pilihan banyak orang, namun masih banyak pemilik TV LCD yang tidak mengetahui bagaimana cara perawatan yang baik dan benar. Padahal perawatan layar LCD sangat penting karena sangat sensitif.

Berikut ini kami akan membagikan informasi cara merawat TV LCD yang benar agar awet tahan lama. Yuk. langsung saja simak tipsnya berikut ini:

Menyimpan TV Di Tempat Yang Tepat

Menyimpan televisi layar datar sebaiknya di tempat yang tidak lembab dan terkena sinar matahari langsung. Karena selain menghindari debu dan kotoran, menyimpan televisi di tempat yang tepat menghindari komponen daleman rusak. Apabila televisi terkena sinar cahaya matahari langsung bisa membuat televisi rusak layarnya dan jika terus menerus terjadi bisa menyebabkan kerusakan pada body-nya.

Perhatikan juga suhu ruangan, pastikan televisi tidak disimpan di ruangan yang suhunya terlalu panas. Selain itu jauhkan televisi dari benda yang mengandung magnet, contohnya: handphone, laptop, speaker aktif dsb.

Ada baiknya menyimpan LCD TV dipasang di dinding menggunakan bracker. Selain lebih artistic, juga lebih nyaman dilihat. Meletakkan televisi di dinding juga jadi solusi tepat dibandingkan di meja, karena jika disimpan di meja dikhawatirkan jatuh terdorong.

Menggunakan TV

Menggunakan televisi layar datar juga harus benar, seperti: selalu matikan jika tidak ditonton karena bisa menyebabkan kurasi durability komponen yang berada di dalam. Selain itu atur kecerahan TV, jangan terlalu terang atau kontras karena bisa menyebabkan layar rusak. Usahakan tidak menyelakan TV selama lebih dari 24 jam non-stop karena mengurangi ketahanan perangkat tersebut.

Membersihkan Layar LCD

Layar LCD rentan terhadap debu, kotoran dan cairan. Oleh sebab itu penting untuk menjaga kebersihan di sekitar dekat TV. Untuk mencegah masalah tersebut bisa gunakan screen protector untuk melindungi layar LCD. Jika ada kotoran atau debu yang menempel jangan sembarang membersihkannya. Sebaiknya gunakan pembersih khusus untuk optic atau lensa agar terhindar dari kerusakan layar. Gunakan kain yang lembut, tipis dan bersih. Saat membersihkannya, pastikan aliran listrik tidak terpasang.

Dan yang tidak kalah penting adalah saat memindahkannya harus hati-hati. Jangan sampai tergores bagian layarnya. Goresan pada layar bsia menyebabkan gangguan saat menonton tayangan.

Demikian informasi mengenai tips merawat LCD TV yang benar agar tidak cepat rusak. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan menjadi solusi agar TV layar datar milik Anda tidak mudah rusak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *